Harian Kendari

Wakapolres Bau-Bau Pastikan Secara Langsung Kegiatan Vaksinasi Berjalan Lancar

Harian Kendari- Memastikan Vaksinasi Berjalan dengan lancar Wakapolres kota Bau-Bau pantau langsung kegiatan Vaksinasi Covid 19 di Kecamatan Mawasangka Desa Terapung Kabupaten Buton Tengah (Buteng) Sulawesi Tenggara (Sultra). Rabu (09/03/2022).

Pemantauan tersebut dikarenakan angka partisipasi masyarakat terhadap vaksinasi masih terbilang rendah khususnya dosis ke 2 .

“Maksud kedatangan kami di sini sebenarnya  meninjau dari pada proses pelaksanaan vaksinasi mengingat di Kecamatan Mawasangka khususnya di Desa Terapung. Berdasarkan data untuk vaksinasi dosis ke 2 desa ini masih terbilang rendah atau dibawah sekali,” ucap Kompol Bahtiar saat dikonfirmasi  depan Rujab Kepala Desa Terapung.

Wakapolres Bau-Bau Kompol Bahtiar yang didampingi Kapolsek Mawasangka serta Camat Mawasangka menerangkan bahwa saat ini diperlukan kerjasama yang baik dari seluruh komponen untuk mengidentifikasi masyarakat yang belum menerima vaksin.

“Sehingga saya bersama Camat serta Kapolsek Mawasangka bertemu dengan Kepala Desa bersama tokoh agama, tokoh masyarakat yang ada disini untuk  meyakinkan mereka karena vaksin merupakan program pemerintah yang nantinya akan menjadi salah satu kewajiban kita untuk bagaimana situasi ini dari pandemi menjadi endemi’. Katanya.

Kita turun full untuk membantu Pemda Buton Tengah (Buteng) untuk percepatan vaksinasi. Hari ini kita ke Terapung yang mayoritas penduduknya itu suku Bajo. Mereka ini jarang yang vaksin makanya kemudian kita berikan pemahaman dan informasi yang benar terkait vaksin,” katanya.

“Jadi sebenarnya kita menyampaikan kalau vaksin itu halal, aman, sehat dan menyehatkan”. Tambahnya.

Mengingat animo warga yang besar untuk mengikuti vaksinasi selama beberapa hari berada di Mawasangka, Ia berharap angka vaksinasi tahap dua (2) yang masih bertengger diangka 40 persen dapat naik.

“Sesuai komitmen Insya Allah Kecamatan Mawasangka dan secara umum Buton Tengah (Buteng) per tanggal 1 April itu untuk dosis 2 kita bisa mencapai 70 persen,” pintanya.

Dari pantauan awak media Sultra Demo saat mengikuti proses vaksinasi di Desa Terapung, Kompol Bahtiar yang didampingi Kapolsek Mawasangka Serta Camat Mawasangka sesekali membagikan sejumlah minyak goreng gratis  kepada lansia yang sudah melakukan vaksinasi

Akan tetapi minyak goreng tersebut tidak diberikan kepada seluruh peserta vaksin, tetapi hanya bagi mereka yang berusia diatas 40 tahun khususnya para ibu dan janda.