Harian Kendari

Hadi Sutopo, Si Pemilik Bakso Rahayu yang Di Kenal Se Kota Kendari

HarianKendari.com,Kendari – Usaha tidak pernah menghianati hasil, itulah kalimat yang patut disandangkan kepada Hadi Sutopo yang merupakan onwner Bakso Rahayu yang kini banyak dikenal masyakat Kota Kendari.

Berawal dari usaha kecil-kecilan, kini ia berhasil mengembangkan usahanya hingga menjadi besar sampai hari ini.

Pemilik rumah makan Bakso Rahayu tersebut memulai perjalanan usahanya sejak 2004 lalu dan mendirikan Bakso Rahayu  pertama sejak 2008. Hingga kini usahanya tersebut sudah terbuka dua cabang yakni bakso rahayu 1di jl. DI Panjaitan (pertigaan wanggu) dan bakso rahayu 2 di jl. Balai kota 3 (samping pemadam kebakaran).

Sebagaimana pengusaha sukses lainnya, keberhasilan bakso Rahayu ini ternyata juga melalui perjuangan yang sangat besar. Jatuh bangun saat berjualan bakso tentu ia alami. Namun, itu tidak membuatnya menyerah untuk menjadi pengusaha sukses.

“Usaha ini kami mulai di tahun 2004 dan masih berjualan dengan mengkontrak. Terus saya punya uang sedikit demi sedikit, Alhamdulilah hari ini bisa berkembang” Ucapnya saat dijumpai di Kendari, Jumat (/4/2022).

Dengan bermodalkan warung kontrakan, Hadi Sutopo dan istri berusaha mencari celah agar usahanya dikenal dan ramai sampai saat ini

Usaha bakso yang digelutinya dengan istri sejak 2004 itu terus berkembang hingga kini. Dan bisa menjadi rumah makan bakso yang sangat terkenal sekota kendari .

“Alhamdulilah Walaupun tempat kami tidak semewah mall dan hotel, tetap kami mengutamakan rasa dan pelayanan, Kan awal mula saya jualan bakso itu tidak memikirkan untung, tapi bagaimana agar yang beli besok kembali lagi. Alhamdulilah, saat ini bisa berkembang dan sukses,” Ucapnya.

Sutopo juga menuturkan, untuk mempertahankan kualitas bakso miliknya, dia mengaku membuat dan mengerjakan sendiri bumbu rempah-rempah.

“Banyak pelangan mengatakan disini berbeda dengan yang lain, seperti cita rasa dirinya juga tidak lupa berbagi tips agar usaha Baksonya tetap menjadi kegemaran para pembeli seantero Kendari ,” Tutur

“Telaten atau tekun merupakan kunci dari usaha kami. Hal inilah yang seharusnya dimiliki oleh para pengushaa lain jika ingin mendapatkan keberhasilan.


Kami juga selalu berusaha memberikan produk terbaik untuk konsumen. Melalui bakso yang sama sekali tidak mengandung bahan pengawet dan zat berbahaya, pelayanan yg maksimal, serta kebersihan tempat. Hadi Sutopo telah menunjukkan kejujurannya menjadi seorang penjual bakso dengan omset puluhan juta


Bakso Rahayu sendiri buka tiap hari sejak pukul 08.00 Wita sampai 22.00 Wita. Namun khusus bulan ramadan buka sejak pukul 15.00 Wita hingga 22.00 Wita.