Harian Kendari

Festival Labengki 2022, Ajang Promosi Desa Wisata Sultra

HARIANKENDARI.COM, KONUT – Dinas Pariwisata Sulawesi Tenggara kembali gelar Festival Labengki tahun 2022 bersama pemerintah daerah Konawe Utara. Perhelatan tersebut dimulai sejak 2 sampai 4 Desember dengan berbagai rangkaian kegiatan salah satunya promosi desa Wisata.

Desa wisata sendiri merupakan salah satu program Dinas Pariwisata yang sedang masif dikerjakan. Menurut kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sulawesi Tenggara H.Belli, Festival Labengki ini selain untuk memberi penguatan terhadap destinasi juga untuk mendukung promosi Desa Wisata Sultra.

“Ini merupakan agenda tahunan, dan tentunya dari tahun ke tahun kami akan melakukan evaluasi agar event ini lebih baik kedepannya. Event ini semata mata untuk mengangkat destinasi wisata labengki, dan memperkenalkan desa wisata labengki sebagai salah satu desa wisata sultra yang telah lolos dalam ADWI . ” ucap Belli, Sabtu (3/12/22).

Lebih lanjut Belli mengungkapkan bahwa event dalam mendukung promosi Destinasi dan Desa Wisata juga telah dilakukan dibeberapa lokasi desa wisata yang ada disultra. Hal itu tentu kata  Belli juga akan mempengaruhi perputaran ekonomi di tiap lokasi Desa Wisata.

“Orang dari luar wilayah tentu akan berdatangan, selain akan lebih mengenal destinasi maupun desa wisata mereka juga akan bertransaksi dalam berbagai kebutuhan sehingga terjadi perputaran ekonomi bagi masyarakat setempat. Pemberdayaan masyarakat juga pasti terjadi dalam mendukung event yang ada,” Tutup Belli.

Berbagai kegiatan tengah berlangsung dalam rangkaian Festival Labengki kali ini diantaranya Parade Jetski dari teluk Kendari hingga pulau labengki, Lomba Mancing, Lomba Katinting, Konservasi Kima, Lomba Kuliner lokal, hingga panggung hiburan dengan menghadirkan artis ibu kota dan lokal sultra.

Laporan : Sulthan