Harian Kendari

Sebanyak 26 Rumah Dikompleks TPA Puwatu Ludes Di Lalap Api

HARIANKENDARI.COM, KENDARI –
Api menyebar dan membakar 26 rumah di kompleks Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Puuwatu, Kota Kendari, ludes dilalap api, Kamis (9/6/2022) pagi.
Peristiwa kebakaran tersebut diketahui terjadi pada kamis 09 Juni 2022 sekitar jam 08.11 Wita pagi, dan api sudah menyebar ke sejumlah titik di kawasan tersebut

Pemadaman api dilakukan Petugas Pemadam Kebakaran Kota Kendari secara maksimal agar api tidak menyebar.

Kepala Seksi pemberdayaan masyarakat dan Pelatihan Damkar Kendari, Abriadin menjelaskan, kebakaran terjadi sekira pukul 08.11 Wita pagi. Usai menerima laporan itu tim kemudian kerahkan. Sebanyak 5 unit armada turun ke lokasi untuk memadamkan api.

“Kami tiba dilokasi kebakaran pukul 08.20 Wita, dan api berhasil kami padamkan sekitar selesai pukul 10.50 Wita,” ujarnya saat dikonfirmasi. Ia juga menyebutkan, belum mengetahui total kerugian yang dialami oleh masyarakat akibat kejadian itu. Sementara 61 orang kini tak memiliki tempat tinggal. Mereka pun harus mengungsi. “Rumah terbakar ada 26, dan satu mobil Angkutan kota (Angkot) ikut terbakar,” bebernya.

Ia menambahkan, saat ini pihaknya belum mengetahui apa penyebab kebakaran akibat kejadian itu. Sementara itu, Kapolsek Mandonga, Kompol Muhammad Salman, menjelaskan, sumber api diduga berasal dari salah satu rumah yang ditinggal kerja penghuni ke Kecamatan Morosi, Kabupaten Konawe.

Ia juga mengungkapkan, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran tersebut. Namun warga yang mayoritas berprofesi sebagai pemulung di tempat itu kehilangan tempat tinggal. “Semua warga yang tinggal disana selamat, namun semua bangunan rumah ludes terbakar. Karena bangunannya terbuat dari bahan papan dan kayu yang mudah terbakar,” jelasnya.