Harian Kendari

BNPT Kolaborasi FKPT Sultra Edukasi Pelajar di Kendari Tangkal Radikalisme dan Terorisme

HarianKendari.com – Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menggandeng Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Sultra membekali pelajar se kota Kendari terkait bahaya radikalisme dan terorisme. Sosialisasi itu dibuka langsung Staf BNPT, Muhammad Suaib Tohir, Rabu (10/7/2024).

Turut hadir dalam kegiatan itu, Ketua FKPT Sultra, Andi Intang Dulung, serta anggotanya, para guru, orang tua siswa, tokoh masyarakat, pelajar, dan sejumlah tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Suaib menerangkan paham radikalisme dan terorisme berpotensi terjadi di Indonesia, khususnya di kalangan pelajar. Untuk itu, pihaknya akan terus menggaungkan semangat pencegahan agar generasi penerus bangsa tidak salah arah dalam menjalani kehidupannya.

“Beberapa tahun terakhir ini, paham radikalisme dan terorisme bisa teratasi di kalangan pelajar. Tetapi kita tidak boleh lengah dan terus melakukan sosialisasi ini,” katanya.

Sementara itu, Ketua FKPT Sultra, Andi Intang Dulung, menegaskan sosialisasi yang dilakukan mengacu pada Peraturan Menteri PPPA Nomor 6 Tahun 2013 tentang Pelaksanaan Pembangunan Keluarga.

Berdasarkan data, potensi radikalisme dan terorisme banyak terjadi di kalangan perempuan, generasi Z, dan masyarakat yang aktif di media sosial serta membuat konten keagamaan.

Olehnya itu, ia mengajak seluruh elemen masyarakat agar bersama-sama memberikan pemahaman kepada generasi muda agar menanamkan nilai-nilai Pancasila dan toleransi demi menangkal paham radikalisme dan terorisme.

“Harapan kita, anak-anak khususnya pelajar selaku generasi penerus bangsa bisa terhindar dari paham ini. Mari sama-sama kita jaga anak-anak kita dan terus menanamkan nilai-nilai positif kepada mereka,” pungkasnya.