Harian Kendari

Polres Konawe dan Warga Meluhu Bergotong Royong Perbaiki Jalan dan Bangun Jembatan Darurat

HarianKendari.com – Kepolisian Resor Konawe bekerja sama dengan warga Desa Lamelai dan Kelurahan Meluhu, Kecamatan Meluhu, Kabupaten Konawe, bergotong royong memperbaiki jalan rusak dan membangun jembatan darurat dari kayu yang menghubungkan Kabupaten Konawe dengan Kabupaten Konawe Utara pada Senin (8/7/2024).

Kapolres Konawe AKBP Ahmad Setiadi, S.I.K melalui Wakapolres Konawe Kompol Jamaluddin Saho, S.Hi., M.H. menyatakan bahwa Polres Konawe tetap siap siaga selama musim penghujan untuk turun langsung membantu masyarakat yang terdampak banjir, kerusakan jalan, dan jembatan.

“Jalan dan deker di Kecamatan Meluhu, Kabupaten Konawe, telah rusak akibat hujan deras. Polres Konawe segera turun tangan untuk memperbaiki jalan dan membangun jembatan darurat,” kata Kompol Jamaluddin Saho, S.Hi., M.H.

Wakapolres Konawe menjelaskan bahwa deker yang rusak atau putus harus segera diperbaiki karena fungsinya sangat penting sebagai sarana transportasi untuk kelancaran pergerakan lalu lintas dan pengguna jalan lainnya.

Dalam kegiatan perbaikan jalan tersebut, Wakapolres Konawe menyebutkan bahwa sebanyak 40 personel, termasuk gabungan dari Polsek Meluhu, dikerahkan.

Camat Meluhu Maladi, S.Si. mengungkapkan bahwa kerusakan jalan dan deker telah berlangsung selama tiga bulan selama musim penghujan ini.

“Saya, atas nama pemerintah dan masyarakat Kecamatan Meluhu, sangat bersyukur dan berterima kasih kepada Polres Konawe karena kami bisa bergotong royong memperbaiki jalan dan membuat jembatan darurat,” ucap Camat Meluhu.

Salah seorang pengguna jalan dari Kabupaten Konawe yang akan menuju Kabupaten Konawe Utara menyampaikan bahwa berkat usaha dan dedikasi Kapolres Konawe serta semua pihak yang terlibat, kini mereka dapat melintas tanpa hambatan.

“Jembatan darurat ini sangat penting bagi kelancaran mobilitas dan aktivitas sehari-hari kami,” ungkapnya.

Pengguna jalan roda dua asal Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah, yang akan kembali ke Kabupaten Konawe juga menyampaikan terima kasih atas perhatian dan kerja keras yang telah diberikan kepada masyarakat.

“Semoga upaya mulia ini mendapatkan balasan yang setimpal dan senantiasa menjadi inspirasi bagi kita semua,” tuturnya.

Pantauan Humas Polres Konawe menunjukkan bahwa setelah jembatan darurat selesai dibangun oleh personel kepolisian dan masyarakat Kecamatan Meluhu, saat ini jembatan sudah dapat dilalui oleh kendaraan roda dua dan roda empat.

Kegiatan ini dihadiri oleh Wakapolres Konawe Kompol Jamaluddin Saho, S.H., M.H., Kabag Ops Polres Konawe AKP Ilham, S.H., M.H., Kapolsek Meluhu Ipda Ilham Lahi, S.H., Camat Meluhu Maladi, S.Si., Lurah Meluhu Ajemain Soruamba, S.Sos., M.Sos., Kades Lamelai Hermansyah, personel TNI, masyarakat Desa Lamelai, dan masyarakat Desa Meluhu.