Harian Kendari

Sosok Ahmad Zihni Zul Fauzi Noer, Catar Akpol Panda Polda Sultra yang Lulus ke Tingkat Pusat

HarianKendari.com – Ahmad Zihni Zul Fauzi Noer dinyatakan lulus dalam seleksi penerimaan Calon Taruna (Catar) Akademi Kepolisian (Akpol) tingkat Panitia Daerah (Panda) Polda Sulawesi Tenggara (Sultra).

Kelulusan Ahmad Zihni disampaikan langsung oleh Kapolda Sultra Irjen Pol Dwi Irianto saat sidang akhir kelulusan tingkat Panda Polda Sultra di Aula Dachara, Rabu 3 Juli 2024.

Ahmad Zihni, lahir di Kecamatan Tinanggea, Kabupaten Konawe Selatan, pada 27 November 2004. Ia adalah putra kedua dari pasangan Nurwan dan Citryani.

Ia mengenyam pendidikan di SD Negeri 13 Baruga, SMP Negeri 9 Kendari, dan SMA Negeri 4 Kendari. Ahmad Zihni, yang berasal dari pengiriman Polres Konawe Selatan, memiliki hobi olahraga futsal dan sering meraih juara dalam kompetisi antar sekolah.

Perjuangan Ahmad Zihni menuju kelulusan di tingkat Panda Polda Sultra tidaklah mudah.

Ia telah mengikuti tes Akpol di Panda Polda Sultra sebanyak dua kali. Pada tahun 2022, ia hanya sampai di tahap sidang menuju pemeriksaan kesehatan tahap II.

“Saat itu perasaan saya sangat sedih karena sebelumnya telah mempersiapkan diri dengan matang. Tapi hal itu tidak membuat saya patah semangat. Saya menjadikannya sebagai pengalaman dan mempersiapkan diri lebih baik untuk mengikuti tes selanjutnya,” ungkap Ahmad Zihni.

Setelah kegagalannya di tahun 2022, Ahmad Zihni mempersiapkan diri dengan tekun. Ia rutin berolahraga dan belajar, serta mengikuti bimbingan belajar di Kota Bogor dan les privat di Kota Kendari.

“Sejak jatuh di tahap sidang menuju pemeriksaan kesehatan tahap II, saya mempersiapkan diri dengan berolahraga dan belajar lebih giat lagi,” jelasnya.

Dukungan dari keluarga dan teman-teman menjadi motivasi besar bagi Ahmad dalam meraih impiannya.

“Sejak kecil cita-cita saya menjadi anggota Polri karena keren dan ingin membanggakan orang tua serta mengabdikan diri untuk bangsa dan negara,” ungkapnya.

Saat dinyatakan lulus untuk mengikuti tahapan seleksi penerimaan Taruna Akpol di tingkat pusat di Kota Semarang, Jawa Tengah, Ahmad merasa sangat senang dan bersyukur.

Ia kini bersiap melangkah ke tahap seleksi pusat dengan harapan besar untuk mewujudkan cita-citanya menjadi seorang Taruna Akpol.

“Saya akan mempersiapkan diri agar di tingkat pusat bisa mendapatkan hasil yang maksimal dan semoga bisa lulus menjadi Taruna Akpol,” harapnya.

Kisah perjuangan Ahmad Zihni Zul Fauzi Noer menjadi contoh bahwa dengan tekad yang kuat, persiapan yang matang, dan dukungan dari orang-orang tercinta, impian yang besar bisa diraih.