Harian Kendari

Perayaan Hari Bhayangkara ke-78, Bupati Konsel Apresiasi Polri Jaga Keamanan

Konawe Selatan, HarianKendari.com – Momen Upacara sekaligus Syakuran Hari Bhayangkara ke-78 yang digelar di Pelantaran Kantor Bupati dan Auditorium lantai lll Pemerintah Daerah Konawe Selatan sebagai bentuk apresiasi terhadap Kepolisian Republik Indonesia khususnya Polres Konawe Selatan.

“Kegiatan HUT Bhayangkara ini digelar di kantor bupati sebagai wujud apresiasi atas sinergi yang terbangun selama ini, kita sadari apalah artinya pembangunan kita kalau keamanan dan ketertiban masyarakat tidak baik,” kata Bupati Surunuddin dalam momen syukuran tersebut.

Olehnya itu, untuk mencapai kesejahteraan rakyat tentunya ketertiban yang utama. Dirinya berharap kepada seluruh jajaran kepolisian dan TNI untuk terus dapat bahu membahu membangun daerah sebagai bentuk kebersamaan dalam bernegara.

“Atas nama pemerintah Konawe Selatan Saya ucapkan Dirgahayu kepolisin Republik Indonesia yang ke-78, Melangkah bersama menuju Indonesia emas,” ucap Bupati dua periode itu saat gala dinner syukuran HUT Bhayangkara ke-78, Senin, 1 Juli 2024.

Sementara itu, Kapolres Konsel AKBP Wisnu Wibowo saat memimpin Upacara mengatakan, tema peringatan Hari Bhayangkara tahun ini adalah “Polri Presisi Mendukung Percepatan Transformasi Ekonomi Yang Inklusif dan Berkelanjutan Menuju Indonesia Emas”.

Kata Ia, tema ini mencerminkan semangat Polri untuk terus berinovasi dalam melindungi dan mengayomi masyarakat.

Kapolres Konsel juga menekankan pentingnya reformasi di segala bidang agar Polri dapat lebih baik dalam menjalankan tugasnya sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat.

Menjelang pilkada serentak yang memungkinkan adanya peningkatan eskalasi gangguan kamtibmas, Wisnu Wibowo mengingatkan seluruh personel untuk meningkatkan kesiapsiagaan dalam operasional.

“Tingkatkan kesiapsiagaan operasional untuk menghadapi eskalasi dan perkembangan situasi yang meningkat secara terpadu. Tingkatkan kerja sama, koordinasi, dan komunikasi yang efektif dengan teman-teman TNI dan penegak hukum lainnya,” tukasnya.

Upacara ini menjadi momentum refleksi bagi Polri dan sebagai ajang untuk memperkuat sinergi dan kerja sama antara Polri dengan berbagai pihak dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

Melalui tema yang diusung, Polri diharapkan dapat terus mendukung percepatan transformasi ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan.

“Ini sejalan dengan visi Indonesia Emas yang bertujuan untuk menciptakan negara yang maju dan sejahtera,”sambungnya

Upacara ini diikuti oleh barisan TNI, Polri, Pol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Kebakaran dan Penyelamatan, mitra Polri, serta Saka Bhayangkara.

“Kehadiran berbagai instansi ini menunjukkan sinergi yang kuat dalam menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah hukum Polres Konsel,”pungkas Wisnu

Hadir dalam pelaksanaan upacara, selain Bupati Konsel H. Surunuddin Dangga juga dihadiri oleh Forkopimda Konsel.

Tarian lokal adat tolaki juga menjadi isi dari pelaksanaan upacara Hari Bhayangkara Ke 78 tahun 2024.