Harian Kendari

Tingkatkan Kualitas SDM, HNSI Sultra Gelar Peningkatan Kapasitas Bagi Pengurus

HarianKendari.com – Wakil Sekjen Dewan Pengurus Pusat (DPP) Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Fendy Abdullah Hairin, MAP mengatakan kegiatan upgrading (peningkatan kapasitas) pengurus DPD HNSI dan DPC merupakan proyek percontohan di Indonesia.

Hal tersebut dikatakan Fendy dalam kegiatan upgrading pengurus HNSI DPD provinsi dan pengurus DPC kabupaten/kota se Sultra di Kendari, Sabtu (29/6).

“Upgrading di DPD Sultra merupakan pilot project yang bisa diikuti DPD lain di seluruh Indonesia, saya pikir DPD HNSI Sultra telah memberikan contoh terbaik,” jelasnya.

Dikatakan kegiatan upgrading adalah salah satu program strategis DPP HNSI Bidang Pendidkan yang bertujuan meningkatkan kapasitas pengurus HNSI pada berbagai tingkatan.

Selain itu, dengan upgrading baik itu pada level DPP, DPC, ranting bahkan sampai pada rumpun nelayan dimaksudkan agar pengurus HNSI memiliki pengetahuan, memiliki pemahaman, memiliki gagasan untuk mengembangkan SDM terutama pengetahuan di sektor kelautan dan perikanan.

Mengapa upgrading penting dilaksanakan hal karena rata – rata pengurus HNSI berasal dari berbagai disiplin ilmu atau latar belakang dan yang menjadi tugas dan tanggungjawab adalah memberikan pelayanan kepada nelayan.

Oleh karena itu, lanjut Fendy yang pernah menjadi ketua Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Sultra itu, pengurus harus dibekali dengan pengetahuan terutama tentang kelautan dan perikanan.

“Kalau nanti kawan kawan pengurus menfasilitasi, memediasi atau sosialisasi terkait dengan peningkatan kesejahteraan nelayan merkea sudah memiliki pengetahuan dan pemahaman,” ungkapnya.

Ditambahkan nantinya kader HNSI memiliki kepedulian kepada nelayan. Menurutnya nelayan Indonesia dalam konteks termajinalkan dalam hal pendidikan dan keterbatasan pengetahuan.

Sementara itu, Ketua DPD HNSI Sultra,Yusrianto, SH, M.Si menambahkan upgrading merupakan hal yang penting bagi pengurus agar mereka memiliki kepedulian, pengetahuan dan pemahaman kelautan dan perikanan.

Karena pentingnya upgrading ini, saya bercita – cita kedepan pengurus yang akan menjadi ketua DPD maupun DPC harus memiliki sertifikat upgrading.

“Upgrading bisa menjadi syarat pencalonan calon ketua, jangan sampai ada calon ketua yang tidak punya kepedulian, pengetahuan dan pemahaman terkait nelayan, kelautan mapun perikanan tiba mau jadi calon ketua,” terangnya.

Kegiatan upgrading diikuti sejumlah pengurus DPD HNSI provinsi dan pengurus DPC kabupaten/kota.