Harian Kendari

HNSI Sultra Gelar Rakerda untuk Tingkatkan Kesejahteraan Nelayan di Bumi Anoa

Kendari, HarianKendari.com – Pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar Rapat Kerja Daerah (Rakerda) di salah satu hotel di Kota Kendari pada 28-29 Juni 2024.

Rakerda kali ini mengusung tema “Kolaborasi dan Sinergitas HNSI Sulawesi Tenggara Menuju Nelayan Sejahtera Negara Kuat”.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Wakil Sekjen DPP HNSI, Fendy Abdullah Hairin, MAP, Plh Asisten 3 Pemprov Sultra, Drs. La Ode Saifudin, M.Si, Ketua DPD HNSI Sultra, Yusrianto, SH, serta perwakilan TNI-Polri dan pengurus DPC HNSI dari 17 kabupaten/kota se-Sultra.

Dalam sambutan Pj Gubernur Sultra yang diwakili oleh Staf Ahli sekaligus Plh Asisten 3 Pemprov Sultra, Drs. La Ode Saifudin, M.Si, Pemprov Sultra menyampaikan apresiasi terhadap kegiatan ini.

Ia berharap Rakerda dapat meningkatkan partisipasi nelayan di Sultra dan menekankan pentingnya memperjuangkan hak-hak nelayan serta menjalankan amanah dengan baik.

“Pemerintah sangat mendukung HNSI dalam upaya meningkatkan perekonomian nelayan. Kami meminta HNSI untuk menjalin kerja sama dengan berbagai pihak dalam menjalankan program-programnya dan meningkatkan pengetahuan serta keterampilan pengurus HNSI Sultra,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Sekjen DPP HNSI, Fendy Abdullah Hairin, MAP, juga mengapresiasi langkah HNSI Sultra dalam menyelenggarakan Rakerda ini.

“Ini bisa menjadi contoh bagi pengurus HNSI di seluruh Indonesia. HNSI adalah induk organisasi nelayan di seluruh Indonesia dengan tujuan mewujudkan nelayan yang sejahtera,” katanya.

Ia menambahkan bahwa HNSI telah melaksanakan berbagai program untuk meningkatkan kesejahteraan nelayan.

“Jumlah produksi ikan di Sultra mencapai 268 ribu ton pada tahun 2023, namun kesejahteraan nelayan masih perlu ditingkatkan. Melalui Rakerda ini, kami berharap dapat merumuskan program strategis yang menjawab kebutuhan nelayan dan membantu mereka menjadi lebih sejahtera,” jelasnya.

Rakerda ini juga menjadi ajang bagi para pengurus HNSI Sultra untuk menuangkan ide dan gagasan dalam upaya meningkatkan kesejahteraan nelayan, serta sebagai momen silaturahmi untuk memperkuat persaudaraan di antara pengurus. Selain itu, kegiatan ini berfungsi untuk mengevaluasi pengurus dalam mengembangkan kapasitas diri mereka.

“Rakerda HNSI Sultra kali ini diharapkan mampu memberikan dampak positif bagi peningkatan taraf hidup nelayan di Sulawesi Tenggara,” pungkasnya.