Harian Kendari

Polda Sultra Kurban 354 Sapi dan 9 Kambing di Momen Idul Adha 1445 H

HarianKendari.com – Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tenggara (Sultra) bersama jajaran melakukan penyembelihan sebanyak 354 ekor sapi dan 9 ekor kambing Qurban pada hari Raya Idul Adha 10 Zulhijjah 1445 H, Senin 17 Juni 2024 di Mapolda Sultra.

Kegiatan diawali dengan laporan ketua Panitia Qurban, Dirnarkoba Polda Sultra AKBP Ardiyanto Tedjo Baskoro, S.I.K, S.H.,M.H dilanjutkan dengan do’a bersama dan penyerahan sapi Qurban oleh Kapolda Sultra Irjen Pol Dwi Iriyanto kepada Panitia Qurban dan Pondok Pesantren, Panti Asuhan.

Saat di wawancara Ketua Panitia Qurban, AKBP Ardiyanto Tedjo Baskoro, S.I.K, S.H.,M.H mengatakan, bahwa untuk Hari Raya Idul Adha tahun 1445 H yang dilaksanakan pada tanggal 17 Juni 2024 Polda Sultra menyembelih hewan Qurban sebanyak 354 ekor sapi dan 9 ekor kambing yang tersebar di satuan jajaran Polda Sultra diantaranya di Polres dan Satuan Brimob Polda Sultra.

“Tahun ini kita menyembeli sebanyak 354 ekor sapi dan 9 ekor kambing yang tersebar di satuan jajaran Polda Sultra, ” Kata AKBP Ardiyanto Tedjo Baskoro, S.I.K, S.H.,M.H.

Hewan Qurban untuk Polda sendiri sebanyak 40 ekor sapi, 15 ekor dipotong di Mapolda Sultra dan selebihnya diserahkan ke Pondok Pesantren, Panti Asuhan dan Mitra Polda lainnya. Hewan Qurban tersbeut bersumber dari Personil Polda Sultra dan Mitra Polda.

Dikatakannya, Bapak Kapolda Sultra sendiri mengorbankan seekor sapi Limosin yang beratnya sekitar 800 kilogram lebih. Wakapolda seekor Sapi Limosin dan Irwasda juga satu ekor sapi, Karo SDM dan juga Dirkrimsus, Dirkrimum serta Kabid dan Kabag Polda Sultra, semua ikut andil dalam penyembelian hewan Qurban ini, ungkapnya.

Sementara untuk Brimob Polda Sultra sebanyak 106 ekor yang mana yang di sembelih di Makobrimob sebanyak 61 ekor, di Batalyon C Pelopor Kolaka Utara (Kolut) 21 ekor dan di Batalyon B Pelopor Buton Selatan sebanyak 24 ekor, total 106 ekor.

“Untuk pengadaan ternak Sapi untuk Qurban tahun 1445 H ini pihak Polda Sultra dan jajaran membeli langsung dari masyarakat  yang ada di daerah ini kepada para petani ternak Sapi agar bisa membantu perekonomian masyarakat, ” Jelasnya.

Di tahun ini, Polda Sultra menempati nomor urut ke-4 dari seluruh Polda sebagai pengumpul hewan Qurban terbanyak dimana nomor urut 1 Polda Metro Jaya, Urut 2 Polda Sulsel dan urut 3 Polda Jatim, dan Polda Sultra nomor urut 4, hal ini menjadi suatu prestasi yang patut diapresiasi karena dimana dari tahun ke tahun Polda Sultra semakin meningkat dari sejumlah sisi termasuk dalam sisi sosial kemasyarakatan seperti. Kegiatan keagamaan Hari Raya Idul Adha tahun 1445 H/2024 M.

Ketua Panitia Qurban Dirnarkoba Polda Sultra AKBP Ardiyanto Tedjo Baskoro, S.I.K, S.H.,M.H mewakili Polda Sultra berharap semua masyarakat di Sulawesi Tenggara bisa merasakan dengan hikmat dan penuh suka cita hari Raya Idul Adha tahun ini. Dengan adanya pembagian daging Qurban ke masyarakat dari Polda Sultra dan jajaran masyarakat khususnya bagi keluarga yang kurang mampu, dhuafa, anak yatim dan fakir miskin semua bisa merasakan daging Qurban dan indahnya hari raya Idul Adha ini, harapnya.

drh Rosmalla Kepala Laboratorium Kesehatan Hewan Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) saat di temui disela kegiatan pemeriksaan kesehatan hewan Qurban menyampaikan bahwa, sebelum di lakukan pemotongan atau penyembelihan, pihaknya bersama karantina hewan telah melakukan pengecekan kesehatan dan setelah dilakukan pemotongan, penyembelihan hewan Qurban kembali dilakukan pemeriksaan kesehatan seperti, kesehatan jantung, limpah, hati, paru-paru dan ginjal sapi Qurban agar seratus persen dinyatakan sehat dan layak di konsumsi masyarakat.

“Telah kami lakukan pengecekan kesehatan sapinya dan Alhamdulillah semua sehat mulai dari penyakit kuku dan mulut sampai didalam tubuhnya setelah di sembeli kami periksa dan semua sehat, ” Ucapnya.

Kami katakan bahwa sapinya sehat dan layak untuk di konsumsi oleh masyarakat, sapi Qurban kita di Sultra sejak 2024 ini memang sudah masuk kategori aman dan sehat, sehingga masyarakat tak perlu ragu untuk mengkonsumsinya, benernya.