Harian Kendari

KPU Konawe Selatan Gelar Coffee Morning dengan Media dan Pegiat Pemilu untuk Sukseskan Pilkada 2024

Konawe Selatan, HarianKendari.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Konawe Selatan (Konsel) mengadakan Coffee Morning untuk menyatukan persepsi dan menjaga silaturahmi dalam rangka mensukseskan pelaksanaan tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2024.

Acara ini berlangsung di Warkop Andoolo pada Jumat, 14 Juni 2024, dengan mengundang insan media dari berbagai organisasi serta pegiat Pemilu.

Coffee Morning tersebut dibuka oleh Ketua KPU Konawe Selatan, Muh Yunan S.Kom. Dalam sambutannya, Yunan berharap kegiatan ini dapat memfasilitasi kolaborasi antara insan media dan pegiat Pemilu dalam mengawal proses penyelenggaraan Pilkada dengan asas langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil.

“Sebagai penyelenggara, KPU berharap jalannya proses demokrasi di Konawe Selatan dapat berjalan beriringan dengan rekan-rekan wartawan dan pegiat Pemilu,” ungkap Yunan.

Sejalan dengan itu, Komisioner KPU Konawe Selatan Divisi Perencanaan Data dan Informasi (Rendatin), Anton Roberto S.Sos, menjelaskan bahwa Coffee Morning ini dilaksanakan untuk menyatukan persepsi sesuai dengan peran masing-masing dalam penyelenggaraan Pilkada di Konawe Selatan.

“Tujuan kami adalah mensosialisasikan tahapan yang sedang berjalan dan menjadikan media serta pegiat Pemilu sebagai mitra dalam penyelenggaraan Pilkada, guna melahirkan pemimpin yang berkualitas di Konawe Selatan,” kata Anton.

Anton juga menekankan pentingnya peran media dan pegiat Pemilu dalam mengedukasi masyarakat untuk meningkatkan partisipasi pemilih. Menurutnya, KPU RI menargetkan partisipasi pemilih mencapai 78 persen secara nasional, dan di Pilkada sebelumnya, partisipasi di Konawe Selatan mencapai 83 persen.

“Ini menjadi tantangan bagi kami untuk mempertahankan atau bahkan meningkatkan angka partisipasi tersebut. Kolaborasi dengan media dan pegiat Pemilu sangat penting untuk mencapai tujuan ini,” lanjut Anton.

Sementara itu, Komisioner KPU Konawe Selatan Divisi Teknis Penyelenggara Pemilu, Eko Hasmawan Baso S.Sos, menambahkan bahwa Coffee Morning ini juga merupakan ruang untuk mengelaborasi pemikiran dan menyamakan persepsi terkait pelaksanaan Pilkada.

“Kegiatan inovatif seperti ini perlu dilaksanakan untuk membangun saran dan masukan yang konstruktif, sehingga Pilkada dapat berjalan dengan baik sesuai regulasi,” jelas Eko.

Kegiatan Coffee Morning tersebut juga dihadiri oleh Sekretaris KPU Konawe Selatan, Aila S.Sos, dan jajaran staf sekretariat KPU Konawe Selatan. Dengan adanya kolaborasi ini, diharapkan Pilkada 2024 di Konawe Selatan dapat terlaksana dengan sukses dan berkualitas, serta menciptakan demokrasi yang damai dan bermartabat.