Harian Kendari

Mahasiswa PSPPA FF UHO Edukasi Kesehatan Gigi dan Mulut di TK Negeri Lalowaru dan KB Nurul Iqbal


HarianKendari.com – Mahasiswa Program Studi Pendidikan Profesi Apoteker (PSPPA) angkatan XI Fakultas Farmasi Universitas Halu Oleo (UHO) melaksanakan penyuluhan edukasi kesehatan gigi dan mulut pada satuan pendidikan anak usia dini. Kegiatan ini berlangsung di TK Negeri Lalowaru dan KB Nurul Iqbal, Kelurahan Lalowaru, Kecamatan Moramo Utara, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), pada Jumat, 7 Juni 2024.

Penyuluhan ini dihadiri oleh Kepala Sekolah TK Negeri Lalowaru dan KB Nurul Iqbal, para guru, serta mahasiswa PSPPA FF UHO: Desta Astarina Saputri Toasa S Farm, Desy Indah Ingwarni S Farm, Desvina Plapia Selita Pratiwi S Farm, Rahmawati Puji Astuti S Farm, dan Sri Jumianti S Farm. Kegiatan tersebut juga diikuti oleh puluhan siswa-siswi dari kedua lembaga pendidikan tersebut.

Pelaksanaan penyuluhan terdiri dari tiga sesi utama. Pada sesi pertama, mahasiswa mengedukasi anak-anak tentang cara menyikat gigi yang baik dan benar. Sesi kedua melibatkan praktik menyikat gigi bersama-sama, sementara sesi ketiga diisi dengan permainan yang melibatkan siswa-siswi.

Desta Astarina Saputri Toasa, salah satu mahasiswa PSPPA FF UHO angkatan XI, menjelaskan bahwa kegiatan penyuluhan ini merupakan bagian dari mata kuliah wawasan kemaritiman di semester awal program studi profesi apoteker. Tujuannya adalah untuk mengedukasi siswa mengenai cara menyikat gigi yang baik dan benar sejak usia dini.

“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman serta pengetahuan siswa-siswi TK Negeri Lalowaru dan KB Nurul Iqbal mengenai pentingnya menjaga kesehatan mulut dan gigi dengan cara menyikat gigi yang benar, agar terhindar dari masalah yang muncul pada gigi dan mulut,” jelas Desta, sapaan akrabnya.

Desta, yang merupakan alumni Fakultas Kesehatan Universitas Darussalam Gontor, berharap melalui penyuluhan ini para siswa dapat meningkatkan pengetahuan dan menumbuhkan kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut. Ia juga berharap anak-anak dapat berpartisipasi secara aktif dalam upaya pelihara diri.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan siswa-siswi TK Negeri Lalowaru dan KB Nurul Iqbal dapat mengaplikasikan pengetahuan yang telah mereka peroleh dalam kehidupan sehari-hari, sehingga kesehatan gigi dan mulut mereka dapat terjaga dengan baik.