Harian Kendari

Calon Taruna Akpol Polda Sultra Ikuti Uji Akademik di SMK Negeri 1 Kendari

HarianKendari.com – 50 calon Taruna/i Akpol Panda Polda Sulawesi Tenggara (Sultra) kembali melanjutkan tahapan seleksi penerimaan anggota Polri tahun 2024.

Kali ini, peserta yang terdiri dari 45 pria dan 5 perempuan mengikuti uji akademik berbasis Computer Assisted Test (CAT) yang dilaksanakan selama dua hari 18-19 Mei 2024 di SMK Negeri 1 Kendari.

CAT akademik hari pertama meliputi tes penalaran numerik atau matematika dan wawasan kebangsaan. Materi hari kedua yakni bahasa Indonesia dan pengetahuan umum.

Sebagai komitmen dalam mewujudkan penerimaan anggota Polri yang Bersih, Transparan, Akuntabel dan Humanis atau BETAH.

CAT akademik tersebut diawasi langsung oleh Karo SDM Polda Sultra Kombes Pol Danang Beny K. S.I.K., M.H bersama Kabag Dalpers AKBP Saminata S.I.K., MM dan Kasubagdiapers Bagdalpers RO Kompol Magdalena Anita Simanjuntak, S.I.K serta pengawas internal dan eksternal.

Mewakili Karo SDM, AKBP Saminata mengatakan bahwa tahapan ini tidak menerapkan sistem Tidak Memenuhi Syarat (TMS) atau Memenuhi Syarat (MS), melainkan nilai yang diraih akan diakumulasikan lalu sistem perangkingan.

“Sehingga pada saat tahapan uji akademik ini, berapa pun (nilai) yang didapat tetap lanjut untuk mengikuti tahapan berikutnya,” kata AKBP Saminata kepada Portal, Minggu 19 Mei 2024.

“Tahapan selanjutnya yaitu pelaksanaan EKG untuk mengetahui kondisi kesehatan peserta sebelum melaksanakan tes jasmani,” tambahnya.

Lebih lanjut, Saminata mengungkapkan bahwa saat ini pihaknya belum menerima informasi terkait kuota Taruna/i Akpol untuk Panda Polda Sultra.

“Belum tahu, kita menunggu menjelang sidang kelulusan itu baru kita diberikan informasi dari panitia pusat total kuota untuk Panda Polda Sultra,” ujar Saminata.

Polisi berpangkat dua bunga melati emas itu berharap tahun ini Panda Polda Sultra diberi kuota yang lebih banyak dibanding tahun sebelumnya.

“Tentu harapannya sebagai panitia di daerah bisa lebih besar dari yang sebelumnya. Sehingga dapat memotivasi pemuda-pemuda, adek-adek kita yang berminat untuk menjadi anggota Polri melalui jalur Akpol semakin besar dan banyak,” harap Saminata.