Harian Kendari

Satlantas Polres Konsel Upayakan Arus Mudik dan Balik Lebaran Berjalan Lancar

HarianKendari.com – Ciptakan kelancaran lalu lintas jelang idul fitri 1445 H. Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Konawe Selatan (Konsel) imbau pemilik (Sopir) Dam Truk roda 10 atau sejenisnya untuk tidak melakukan aktivitas selama arus mudik/balik lebaran.

Imbauan itu disampaikan Kapolres Konsel AKBP Wisnu Wibowo melalui Kasat Lantas Iptu Usman mengatakan Rekayasa lalu lintas lebaran 2024 sesuai SKB tiga MenteriMenteri Nomor:KP- DRJD 1305 Tahun 2024,SKB/67/11/2024, 40/KPTS/Db/2024. Tentang pembatasan oprasional angkutan barang di wilayah hukum masing-masing.

“Personil kami hari ini sudah mulai melaksanakan sosialisasi atau imbauan kepada pemilik-pemilik maupun sopir Dan Truk yang selalu beraktivitas melintasi wilayah hukum polres konsel,” terang Usman.

“Seperti Dan truk pengangkutan galian tanahtanah, pasir,batu, hasil tambang dan bahan bangunan. Adapun waktu pemberlakuan dimulai sejak 5 April pukul 09:00 sampai dengan Selasa, 16 April 2024,” sambungnya.

Upaya itu dilakukan Satlantas Polres Konsel guna menciptakan kelancaran arus lalu lintas mudik jelang lebaran dan sesudah lebaran. Selain itu, lanjut dia, agar menghindari terjadinya kemacetan maupun terjadinya kecelakaan lalu lintas (Lakalantas).

Begitupun di pelabuhan, kata Usman kendaraan yang akan naik ke kapal ferry, bakal memprioritaskan kendaraan pemudik dibanding Dam truk. Kecuali, truk pengangkut pangan seperti sembako, sayuran dan ternak.

“Pemberhentian aktivitas Dan truk roda 10 mulai diberlakukan H-3 sebelum dan sesudah lebaran, yakni ini tiga hari sebelum lebaran dan tiga hari setelah lebaran. Sanksi tilang akan dikenakan bagi pengemudi yang tak mengindahkan imbauan tersebut,” tegasnya.

Terpisah, Kanit Turjawali Iptu Abdul Waris melaporkan kondisi arus mudik saat ini, masih terlihat landai, belum menunjukan terjadinya kepadatan dan kemacetan. Diprediksi kepadatan arus mudik diperkirakan terjadi mines 3 lebaran.

“Begitupun kondisi di pelabuhan Torobolu,masih terpantau aman dan terkendali. Kami juga menghimbau kepada pengguna jalan untuk selalu berhati-hati, tidak ugal-ugalan dengan tetap selalu mengutamakan keselamatan,” harapnya.