Harian Kendari

Ruksamin Kantongi 14 Figur Wakil untuk Bertarung di Pilgub Sultra 2024

HarianKendari.com – Bupati Konawe Utara (Konut), Ruksamin siap bertarung di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulawesi Tenggara (Sultra) periode 2024-2029.

Pernyataan itu ditegaskan Ruksamin usai menggelar buka puasa bersama dengan masyarakat Kota Kendari, Sabtu 30 Maret 2024.

Bupati Konut 2 periode itu menyebut bahwa dirinya serius menatap dan akan maju sebagai 01 di Pilgub Sultra. Keseriusan tersebut dibuktikan dengan berbagai agenda pertemuan di sejumlah daerah, ditambah komunikasi intens di lintas partai politik.

Ruksamin sendiri sudah memiliki modal tiket menuju Pilgub Sultra, usai sukses mengantarkan Partai Bulan Bintang (PBB), partai yang dipimpinnya itu meraup empat kursi di Pileg DPRD Sultra yang baru saja digelar Februari 2024 kemarin.

“Untuk partai koalisi saya belum bisa menyebutkan, tetapi yang sudah saya mendaftar itu di Partai Demokrat, dan komunikasi politik sudah terjalin baik,” ujar dia.

Disinggung soal partai koalisi, Ruksamin kemungkinan besar mendapat tanda tangan rekomendasi dari empat partai politik (Parpol), mulai Partai Golkar dengan komposisi 6 kursi, Partai Gerinda 5 kursi, Partai Demokrat 4 kursi, dan PAN 3 kursi.

“Kita ada lima partai yang nanti koalisi,

sudah termasuk PBB,” katanya.

Sementara untuk calon wakilnya, Ketua DPW PBB Sultra ini menuturkan sudah ada ada 14 orang yang sudah dijalinnya komunikasi dan silaturahmi.

Namun dari nama-nama yang enggan disebutkannya itu, tentu dirinya akan melakukan penjaringan melalui survei internal.

“Tapi kita survei dulu di akhir Bulan Ramadan ini, selesai itu saya akan komunikasikan dengan partai pengusung,” jelasnya.

Adapun syarat untuk calon wakilnya nanti, Ruksamin tak muluk-muluk. Dirinya hanya meminta harus memiliki kesamaan, dan langgeng selama menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Sultra nantinya.

“Kadua bisa menyumbang suara kemenangan. Ini bukan persoalan menangnya dulu, memimpinnya dulu artinya Insyaallah kita sudah menang di Pilgub Sultra 2024,” imbuhnya.

Menyikapi isu kemungkinan Ruksamin didaulat menjadi 02, tambah Bupati Konawe Utara (Konut) ini bahwa dirinya tidak ada niat untuk maju dengan hanya sebagai wakil.

“Kita sudah berniat, deklarasi tentu maju 01 gubernur. Artinya kita sudah punya kursi, selama ini masyarakat Sultra belum pernah memberikan 4 kursi untuk PBB, setelah dikasih 4 kursi, eh Ruksamin kau harus jadi gubernur,” tutupnya.