Harian Kendari

KI Sultra Dorong Langkah Pemprov Optimalkan Kompetensi Aparatur

HarianKendari.com – Komisi Informasi (KI) Sulawesi Tenggara (Sultra) mendorong langkah Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sultra mengoptimalkan kekuatan kompetensi aparatur pemerintahan.

Hal itu disampaikan Wakil Ketua KI Sultra, Sukriyaman saat diwawancarai awak media, Jumat 29 Maret 20224.

Menurut dia, kompetensi aparatur pemerintahan, khususnya pejabat Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama atau pejabat eselon II sangat menentukan peningkatan pelayanan publik.

Olehnya itu, pria yang populer dengan sapaan Uki itu menjelaskan, bahwa pihaknya berharap dengan adanya uji kompentensi ini, maka pelayanan publik bisa menjadi lebih baik lagi, khususnya informasi publik.

“Karena dibutuhkan komitmen pimpinan dalam mewujudkan pelayanan publik yang lebih baik lagi,” ujar Uki.

Lebih lanjut, Ia mengungkapkan, bahwa indeks keterbukaan informasi publik di Sultra belum pernah berkategori informatif.

Untuk itu, lanjut Uki, momentum uji kompentensi ini bisa sejalan dengan komitmen pimpinan OPD dalam mewujudkan keterbukaan informasi publik.

“Tentu kita sangat mendukung (uji kompetensi). Semoga pimpinan OPD bisa lebih berkomitmen lagi akan pentingnya keterbukaan informasi publik, guna mewujudkan pemerintahan yang transparan,” harapnya.

Uki menambahkan, terwujudnya keterbukaan informasi di seluruh badan publik merupakan elemen penting dalam penyelenggaraan pemerintahan yang baik dan bersih.

“Seluruh badan publik harus menunjukkan transparansi dan akuntabilitasnya melalui keterbukaan informasi, dan membuka saluran partisipasi bagi masyarakat untuk memberikan suaranya,” pungkasnya.

Untuk diketahui, Sebanyak 40 pejabat JPT Pratama atau pejabat eselon II di lingkup Pemprov Sultra akan menjalani uji kompetensi dalam acara job fit pada 1 sampai 2 April 2024.

Uji kompetensi tersebut dalam rangka memastikan kepemimpinan yang berkualitas dan sesuai dengan tuntutan tugas.