Harian Kendari

BI Sultra Gelar Kick Off SERAMBI 2024

HarianKendari.com – Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar Kick Off Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idul Fitri (SERAMBI) di Pelataran The Park Kendari, Senin 18 Maret 2024.

Kepala KPw BI Sultra, Doni Septadijaya mengatakan, dalam peluncuran SERAMBI 2024 pihaknya berkolaborasi dengan perbankan untuk menyiapkan layanan penukaran uang rupiah di 90 titik yang tersebar di Bumi Anoa.

“Jadi BI Sultra tidak hanya bekerja sendiri karena untuk bisa menjangkau masyarakat luas kami bekerja sama dengan perbankan,” kata Doni.

Ia menjelaskan, syarat untuk melakukan penukaran uang yaitu cukup mempunyai KTP dan melakukan registrasi atau pendaftaran melalui https://pintar.bi.go.id.

“Kalaupun penukaran melalui Bank Indonesia kita kasih kuota sekitar Rp4 juta dan kalau di perbankan sebanyak Rp3,8 juta. Jadwalnya bisa diakses melalui situs resmi Bank Indonesia Sultra,” ujar Doni.

Sementara untuk di wilayah kepulauan, telah disiapkan oleh pihak perbankan bagi yang ingin melakukan penukaran uang seperti di Konawe Kepulauan ataupun di wilayah Buton.

“Misalnya Konawe Kepulauan ada teman-teman BPD, BRI yang ada disana,” pungkasnya.

Selain itu, dalam program SERAMBI 2024, BI Sultra juga mengedukasi masyarakat tentang keuangan.

“Makanya kita bekerja sama dengan OJK dan bagaimana masyarakat merawat rupiah. Kita beri pemahaman kepada masyarakat terkait dengan cinta bangga dan paham rupiah,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala OJK Sultra, Arjaya Dwi Raya mengapresiasi BI Sultra atas peluncuran SERAMBI 2024.

“Kita selalu mendukung kegiatan-kegiatan seperti ini, agar uang yang beredar selalu baik,” katanya.