Harian Kendari

Satgas Operasi Keselamatan Anoa Polda Sultra Edukasi Masyarakat di Kawasan Pasar Sentral Kota Kendari

HarianKendari.com – Satuan Tugas (Satgas) Preemtif Operasi Keselamatan Anoa Polda Sulawesi Tenggara (Sultra) terus melaksanakan pembinaan dan penyuluhan (Binluh), kali ini digelar di kawasan Pasar Sentral Kota Lama Kendari, Selasa 12 Maret 2024.

Kegiatan dipimpin oleh Kasubsatgas Binluh Satgas Preemtif AKP Izak, S.H., dengan melibatkan 12 personel.

Kegiatan Binluh ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat pengguna jalan tentang pentingnya tertib berlalu lintas, demi terciptanya keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran (Kamseltibcarlantas) di wilayah Kota Kendari.

AKP Izak menjelaskan bahwa dalam kegiatan tersebut, pihaknya memberikan penyuluhan kepada masyarakat pengguna jalan, baik pengendara roda dua (R2) maupun pengemudi roda empat (R4) dan roda enam (R6), serta pedagang dan pengunjung pasar.

“Kami juga membagikan brosur himbauan Kamseltibcarlantas, memasang stiker himbauan pada kendaraan bermotor, dan memasang spanduk himbauan Kamseltibcarlantas,” kata Izak.

Izak juga menekankan pentingnya penggunaan helm yang sesuai standar SNI bagi pengendara R2. Helm berfungsi untuk melindungi kepala dari benturan keras saat terjadi kecelakaan.

“Penggunaan helm yang tepat dapat meminimalisir risiko cedera kepala serius, bahkan kematian, saat terjadi kecelakaan,” tegas Izak.

Izak berharap dengan kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk tertib berlalu lintas, selalu menggunakan helm yang sesuai standar, dan meminimalisir terjadinya kecelakaan di wilayah Kota Kendari.