Harian Kendari

Lembaga Adat Tolaki Himbau Masyarakat Jaga Kamtibmas Jelang Pemilu 2024

HarianKendari.com – Sekretaris Lembaga Adat Tolaki (LAT), Bisman Saranani menghimbau masyarakat untuk selalu menjaga keamanan dan ketertiban jelang pemilu 2024.

Diketahui Pemilihan Calon Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) bakal digelar di 14 Februari 2024, dan menyisikan 27 hari jelang pemungutan suara dilakukan.

Bisman menyampaikan, Perbedaan pilihan merupakan hal yang lumrah. Sebagai warga negara, masyarakat diberikan hak untuk memilih calon yang akan dipilihnya.

“Pilihlah sesuai hati nurani,” ujarnya saat diwawancarai di Kantor LAT, Senin (15/1/2024).

Dirinya mengatakan, guna terciptanya kondisi yang damai jelang Pemilihan, Bisman mengajak masyarakat untuk selalu menjunjung tinggi Adat istiadat didaerahnya masing-masing. Sebab Adat bagian dari ruang mempersatukan masyarakat.

“Apapun problemnya jika Adat masih dijunjung maka insyaAllah dapat diselesaikan,” unhkapnya.

Olehnya ia mengajak masyarakat untuk menyalurkan hak pilihnya dan menghindari isu-isu yang dapat membuat atau menciptakan perpecahan.

“Mari kita bersama menjaga keamanan dan ketertiban, jika Adat diaplikasikan maka insyaAllah akan tercipta keharmonisan dimasyarakat,” bebernya.

Diakhir, Bisman menyampaikan keterlibatan masyarakat Adat dalam menciptakan situasi kamtibmas jelang Pemilihan sangat besar. Sebab menurutnya, yang menjaga daerah Sulawesi Tenggara ini adalah masyarakatnya.

“Kami menunggu, jika ada pertemuan yang dilakukan oleh aparat keamanan maupun pihak terkait untuk duduk bersama mendiskusikan bagaimana menghadirkan keamanan di wilayah Sultra,” pungkasnya.