Harian Kendari

Cipayung Plus Minta Persatuan Bangsa Dikedepankan dalam Pemilu 2024

HARIANKENDARI.COM,JAKARTA – Mahasiswa meminta persatuan dan kesatuan tetap dijaga dalam pelaksanaan Pemilu 2024. Ini dilakukan demi kepentingan bangsa Indonesia. Hal ini dinyatakan para mahasiswa yang tergabung dalam kelompok Cipayung Plus. Organisasi aktivis mahasiswa ini, terdiri dari IMM, PMII, GMKI, HIKMAHBUDHI, LMND, KMHDI, PMKRI, KAMMI.

“Pemilu 2024 harus mengutamakan kepentingan rakyat, bangsa dan negara dalam platform persatuan nasional,” kata Ketua Umum DPP Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IM) Abd. Musawir Yahya, Sabtu (23/12), di sela Diskusi Publik dan Deklarasi Kebangsaan Cipayung Plus, di Rumah Kebangsaan Cipayung Plus, Jakarta Selatan.

Persatuan nasional, lanjut Musawir harus dikedepankan dalam Pemilu. Hal tersebut demi meminimalisir polarisasi politik dalam proses maupun paska Pemilu.
Pemilu 2024, kata dia, harus dijadikan sebagai momentum pertarungan gagasan atau programatik untuk menjawab persoalan-persoalan yang dihadapi oleh bangsa Indonesia. “Baik dalam kehidupan global maupun nasional,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Umum Pengurus Pusat Himpunan Mahasiswa Buddhis Indonesia (PP HIKMAHBUDHI) Wiryawan, mengatakan Cipayung Plus juga mendorong komitmen masing-masing calon presiden, calon wakil presiden serta partai politik (parpol) untuk memposisikan kaum muda bukan hanya sebagai obyek politik. Tetapi juga subyek politik, dengan membuka ruang seluas-luasnya di dalam ruang kekuasaan jika memenangkan pertarungan Pemilu 2024.

“Mendorong komitmen para capres-cawapres, anggota legislatif dan kepala daerah untuk mengatasi persoalan yang dihadapi kaum muda seperti akses pendidikan dan kesehatan,” papar Wiryawan.

“Biaya tempat tinggal yang terjangkau, pembukaan lapangan kerja seluas-luasnya, pendapatan yang memadai, respons atas perubahan iklim dan mengatasi persoalan korupsi,” imbuhnya.

Cipayung Plus, kata dia, juga berkomitmen untuk mendorong dan mengawal Pemilu 2024 agar tetap berjalan dengan berkualitas, transparan dan demokratis, damai, jujur dan selalu mengedepankan kepentingan rakyat, bangsa dan negara.

“Juga mendorong netralitas TNI-Polri dan aparatus negara lainnya untuk menjaga stabilitas politik pada momentum Pemilu 2024,” Ketua Umum Eksekutif Nasional Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi (EN LMND) Muhammad Asrul.

Kegiatan Cipayung Plus ini, juga dihadiri atau diketahui Ketua Umum PB PMII M. Abdullah Syukri, Ketua Umum PP KAMMI Zaky Ahmad Rivai, Ketua Umum PP GMKI Jefry Gultom, Ketua Presidium PP PMKRI Tri Natalia Urada, dan Ketua Umum PP KMHDI I Wayan Darmawan.