Harian Kendari

DEMA IAIN Kendari Bakal Gelar Seminar Pemilu 2024 Guna Tingkatkan Kesadaran Mahasiswa Jaga Demokrasi

HarianKendari.com — Tidak terasa pesta demokrasi 2024 sebentar lagi. Berbagai isu politik mengenai pilpres, pilgub, pilwali, pilbup hingga pilcaleg mulai berseliweran ditengah masyarakat.

Menjaga keamanan menjelang pemilu mendatang menjadi kesadaran bersama, terkhususnya bagi para mahasiswa.

Sebagai agents of change atau agen perubahan, mahasiswa menjadi salah satu garda terdepan untuk mengawal jalannya pemilu.

Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari dalam waktu dekat ini bakal menggelar seminar pemilu, sebagai langkah awal mewujudkan pemilu damai 2024.

Ketua DEMA IAIN Kendari, Ashabul Akram menuturkan, seminar yang nantinya akan digelar mengambil tema “Sadar Pemilu Mahasiswa Adalah Tokoh Utama”.

“Kami ingin meningkatkan kesadaran mahasiswa dam menjaga demokrasi 2024. Kenapa kemudian kami mengambil tema itu, kami menginginkan bahwasanya mahasiswa sadar akan haknya untuk memilih, dan menentukan arah masa depan Indonesia emas,” tutur Akram, Kamis (30/11/2023).

Lebih lanjut, melalui seminar tersebut DEMA IAIN ingin mengedukasi mahasiswa, bagaimana mencegah dan menghadapi radikalisme dalam pemilu.

Selain itu, Akram juga berharap agar para tokoh agama dan adat saling bersinergi menjaga pelaksanaan pemilu 2024 di desa-desa.

“Saya juga berharap kepada penegak hukum, dalam hal ini Polda Sultra bagaimana kemudian menertibkan, memberikan layanan yang baik, dan menjaga agar pemilu 2024 terlaksana dengan baik,” pungkasnya.