Harian Kendari

Puluhan Pelajar Kota Kendari Kunjungi Kapal Perang KRI Abdul Halim Perdana Kusuma di Lanal Kendari

HARIANKENDARI.COM,Kendari – Puluhan pelajar dari SMA 4 Kendari dan SMK 7 Kendari melaksanakan kunjungan studi ke KRI Abdul Halim Perdana Kusuma saat kapal bersandar di dermaga Pelabuhan Mako Lanal Kendari pada Rabu (18/10/2023).

Kedatangan kapal perang ini disambut dengan antusiasme oleh pelajar Kota Kendari. Terlihat bahwa puluhan pelajar dari Sekolah Menengah Atas (SMA) penuhi kapal yang bertugas dalam menjalankan operasi pengamanan di perairan Indonesia.

Guru dari SMA 4 Kendari, Mikyal, mengungkapkan, bahwa kesempatan ini memberikan wawasan yang lebih luas kepada siswa-siswa, yang terdiri dari siswa kelas 10 dan 11. Tujuan kunjungan adalah untuk mengenalkan siswa tentang fungsi kapal perang dan peralatan di dalamnya.

“Sebanyak 84 siswa mengikuti kunjungan ini untuk memahami Kapal perang lebih dalam, ” ucap Mikyal, Rabu (18/10/2023).

Guru Bahasa Inggris itu menambahkan, Kegiatan kunjungan semacam ini dilakukan secara rutin setiap tahun di seluruh wilayah Sultra yang memiliki nilai budaya, termasuk di Kota Kendari.

Melalui program Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM), siswa memiliki kesempatan untuk belajar lebih kreatif dan inovatif.

“Sekarang melalui program Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM), melalui P5 anak-anak bisa belajar lebih kreatif dan inovatif,” tuturnya.

Salah seorang pelajar dari SMA 4 Kendari, Andi Intan, merasa bangga bisa melihat secara langsung dan menjelajahi Kapal perang TNI AL.

“Sangat senang bisa datang langsung. Biasanya kami hanya melihatnya di TV atau di Instagram. Selain itu, kami bisa belajar banyak tentang KRI AHP 355,” ungkapnya.

Wapadiv Komandan KRI AHP-355, Letda Laut P. Nicko Adhie, mengatakan bahwa kunjungan pelajar di Kota Kendari disambut baik dengan upaya memperkenalkan KRI AHP-355, beserta fungsi dan peralatan yang dimiliki kapal perang ini.

“Siswa-siswa juga sangat antusias dalam proses pembelajaran, terlihat dari banyaknya pertanyaan yang mereka ajukan. Kami menjelaskan fungsi dari setiap peralatan dan ruangan di kapal,” jelasnya.

Selain menjalankan patroli di Perairan Kendari, KRI AHP-355 juga mendukung kegiatan Lanal Kendari dengan menerima kunjungan pelajar di Kota Kendari. Harus diingat bahwa KRI AHP-355 adalah kapal Frigate ex – Van Speijk Class yang berada di bawah Koarmada II. Dengan awak sekitar 200 orang, kapal ini memiliki kemampuan yang handal dalam menjalankan operasi penegakan kedaulatan dan hukum di perairan Indonesia.