Harian Kendari

Kasus “Alkes Kelor, Ketua Banderano Tolaki Himbau Masyarakat Sultra Agar Tidak Terprovokasi Isu Sara

Hariankendari.com, Kendari — Selebgram asal Sulawesi Tenggara (Sultra), Alkes Kelor tengah menjadi sorotan usai salah satu kontennya yang tersebar di media sosial (medsos) diduga menghina makanan khas suku Tolaki yakni Sinonggi, Rabu (11/10/2023).

Alkes sendiri telah diamankan di Polda Sultra, dan memberi pernyataan permohonan maaf kepada masyarakat adat Tolaki.

Menanggapi kasus yang tengah viral saat ini, Ketua Banderano Tolaki, Herdianto Saumuru yang dikonfirmasi via telepon seluler menghimbau, agar keluarga dan masyarakat Tolaki tidak sampai terprovokasi.

“Karena kasus ini sudah ditangani oleh pihak kepolisian (Polda Sultra). Sebagai Ketua Banderano Tolaki saya hanya bisa menghimbau saja kepada teman-teman, keluarga masyarakat tolaki agar jangan sampai terprovokasi,” tutur Herdianto.

Terkait kelanjutan penyelesaian kasusnya, jelas Herdianto, akan diserahkan kepada Lembaga Adat Tolaki (LAT).

“Untuk kelanjutannya nanti, apakah ke hukum adat atau hukum positif (negara), kami serahkan kepada Lembaga Adat Tolaki Sebagai representatif dari masyarakat adat Tolaki,” jelasnya.

Belajar dari kasus Alkes, Herdianto juga menghimbau agar para selebgram dan konten kreator lebih berhati-hati dalam memilih tema atau berucap dalam setiap konten.

“Jangan sampai menyinggung orang atau kelompok tertentu. Apalagi sampai menyinggung SARA. Kedepannya lebih berhati-hati lagi,” himbaunya