Harian Kendari

Hadirnya SMKS Pertambangan di Muna Membawa Harapan Bagi Kemajuan Sektor Pertambangan Daerah

HARIANKENDAR.COM,MUNA – Kabupaten Muna kini menyambut sebuah terobosan baru dalam dunia pendidikan dengan dibukanya Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Pertambangan, yang pertama di wilayah ini.

Setelah melalui serangkaian proses yang panjang, SMKS Pertambangan Kabupaten Muna resmi mendapatkan izin operasional, membawa harapan besar bagi kemajuan sektor pertambangan di daerah ini.

SMKS Pertambangan Kabupaten Muna, yang terletak di Jalan Lumba-Lumba (Bay Pass), Kelurahan Laiworu, Kecamatan Batalaiwou, Kabupaten Muna, kini dapat mewujudkan visinya sebagai lembaga pendidikan unggulan di bidang teknik geologi pertambangan.

Dengan terbitnya izin operasional Nomor: 420/817/DPMPTSP/VIII/2023, sekolah ini siap mengukir prestasi di dunia pendidikan kejuruan.

Pendirian sekolah ini merespons perkembangan industri pertambangan yang semakin maju di Sulawesi Tenggara, yang juga berdampak positif pada pertumbuhan ekonomi.

Menurut La Ode Rahmat Liwaul Hamdi, inisiator di balik SMKS Pertambangan ini, mengatakan sekolah ini didirikan dengan harapan dapat membentuk tenaga profesional di bidang pertambangan.

Alumni Penugasan Khusus Nusantara Sehat dengan profesi perawat ini menyampaikan bahwa

“Kami mendirikan sekolah Pertambangan ini di kabupaten Muna, diharapkan dapat membentuk tenaga kerja profesional di bidang pertambangan sehingga dapat bekerja di industri pertambangan di seluruh Indonesia, khususnya di Sultra,” ucapnya,

Dengan pendirian SMKS Pertambangan Kabupaten Muna, para siswa kini memiliki peluang emas untuk memperoleh pendidikan berkualitas dalam teknik geologi pertambangan.

“Ini juga menjadi tonggak penting dalam upaya meningkatkan daya saing sumber daya manusia di industri pertambangan yang semakin berkembang,” jelasnya