Harian Kendari

Rektor UHO Beri Respon Positif Usai Namanya Diusulkan Sebagai Pj Gubernur Sultra

HARIANKENDARI, KENDARI – Rektor Universitas Haluoleo (UHO) Prof Zamrun Firihu, beri respon positif usai namanya di usulkan oleh DPRD Sultra sebagai Pj Gubernur bersma dua nama lainnya.

Diketahui, DPRD Sultra, mengusulkan tiga nama diantaranya, Rektor Universitas Haluoleo (UHO) Kendari, Prof. Muh. Zamrun Firihu, mantan Kapolda Sultra, Andap Budi, lalu Sekda Sultra, Sarung Lio.

Menanggapi namanya diusulkan sebagai Pj Gubernur, Prof Zamrun mengucapkan terimakasihnya kepada DPRD Sultra. Baginya, pengusulan namanya itu adalah suatu kehormatan dan penghargaan bagi dirinya.

“Pada dasarnya saya mengucapkan terimakasih sudah di usulkan nama saya sebagai salah satu calon PJ Gubernur usulan DPRD Provinsi Sultra karena ini juga penghargaan buat saya mudah-mudahan dapat berjalan sesuai dengan regulasi dan peraturan yang ada,” ucap Zamrun saat di temui awak media di Gedung Rektorat UHO, Rabu (2/8).

Ia juga menerangkan, terkait pengusulan namanya, Zamrun menerangkan dirinya tidak mengetahuinya. Namun jika dirinya terpilih oleh Kemendagri, ia siap menjalankan amanah tersebut.

“Awalnya saya mengetahui dengan adanya cerita-cerita dari teman dewan membicarakan ini. Kalau saya umpanya memenuhi syarat dan itu bisa diusulkan atau dapat dipercaya oleh anggota dewan ya saya siap-siap saja,” ungkapnya.

Selain itu, ia juga menuturkan terkait persiapan khusus usai di usulkan sebagai calon PJ Gubernur dirinya belum mempersiapkan. Namun alumni Jepang itu akan mengikuti sesuai dengan regulasi dan perundang-undangan yang berlaku.

“Prosesnya ada dan didalam aturan itu sudah jelas bagaimana prosesnya. Saya serahkan saja kepada pihak yang dipercaya oleh pemerintah melalui peraturan perundang-undangan untuk memproses semua ini sampai dengan keluarnya surat penetapan sebagai Pj,” tandasnya.

Sementara, Ketua DPRD Sultra, Abdurrahman Shaleh mengungkapkan dalam konferensi persnya kemarin, Selasa (1/8/2023), Zamrun di usulkan sebagai salah satu calon Pj Gubernur karena dewan menilai Rektor UHO dua periode itu di rasa cekatan, dam memiliki kemampuan untuk memimpin Sultra.

Nantinya, ketiga nama tersebut, bakal diteruskan ke Kemendagri paling lambat 9 Agustus 2023.

“Secepatnya, sebelum tanggal 9 Agustus 2023. Karena berdasarkan surat dari Kemendagri paling lambat tanggal 9 Agustus,” ujarnya.

Laporan: Sulthan