Harian Kendari

Cetak Sejarah Di Sultra, Wana Baskara Atlet Binaraga Wakili Sultra di Ajang PON XXI 2024

HarianKendari.com – Untuk pertama kalinya dalam sejarah, Atlet Binaraga Sulawesi Tenggara (Sultra) I Nyoman Wana Baskara berhasil meraih tiket menuju Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI di Aceh tahun 2024 mendatang.

Capaian prestasi Wana tersebut usai dirinya mengikuti prakualifikasi PON di Gedung Olahraga (GOR) Sawah Besar Kota Bengkulu, Sabtu (29/7/2023) lalu.

Dalam prakualifikasi itu, dibawah naungan Persatuan Binaraga Fitnes Indonesia (PBFI), atlet kontingen Sultra mengirim empat atlet yang bertanding di kelas Man Sport Phisic Up To 170.

Ketua Umum PBFI Sultra Richard mengapresiasi capaian prestasi tersebut dan mengucapkan terima kasih atas dukungan dari Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sultra.

“Ini capaian yang sangat luar biasa sebagai cabor baru pecahan dari PABSI untuk di Sulawesi Tenggara,” kata Richard, Senin (31/7).

“Capaian ini tentunya tidak terlepas dari sumbangsih atlet, dan kita di cabor PBFI itu sisi manajemennya bagaimana mendesain mereka, mengkomunikasikan dengan KONI untuk terdukung dari sisi anggaran,” sambungnya.

Richard berharap, kedepan KONI Sultra terus memberikan dukungan dari sisi pembinaan agar atlet bisa meraih hasil yang maksimal pada PON di Aceh mendatang.

Sementara itu, I Nyoman Wana Baskara mengucapkan rasa syukur atas prestasi yang capai, sehingga dirinya bisa mengharumkan nama Bumi Anoa di ajang PON mendatang.

“Puji syukur kita panjatkan, kita bisa meraih tiket menuju PON, ini merupakan rekor yang luar biasa untuk Sulawesi Tenggara karena sepanjang sejarah kita yang pertama kali lolos PON ke XXI di Aceh September 2024 mendatang,” ucap Wana.

Atas capaian itu, tak lupa Wana mengucapkan terima kasih atas dukungan dari berbagai pihak, dalam hal ini KONI, Dispora dan PBFI Sultra.

Owner Majapahit Gym Kendari yang telah meraih berbagai prestasi di kancah nasional maupun internasional ini mengungkapkan, bahwa dirinya sempat vakum dalam dunia binaraga saat pandemi. Namun ia kembali aktif saat akan mengikuti prakualifikasi PON di Bengkulu.

“Saya pribadi persiapannya kurang lebih lima bulan, kalau untuk masalah tanding bukan merupakan ajang pertama. Saya juga sempat menjuarai di kejuaraan Malaysia, Thailand, Singapura, Myanmar dan juga di Australia, Indonesia sudah pasti,” ungkap Wana.

Ia menuturkan, bahwa akan mempersiapkan diri semaksimal mungkin meraih emas untuk Sultra di PON XXI Aceh 2024.

“Kita persiapan semaksimal mungkin dan medali emas untuk Sultra tercinta,” tegasnya.