Harian Kendari

Tina Nur Alam Fokus di Bidang Sosial dan Pendidikan usai Pimpin IKA FISIP UHO Kendari

HarianKendari.com – Anggota DPR RI, Tina Nur Alam resmi menahkodai Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FSIP) Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari. Tina Nur Alam dilantik saat pelantikan pengurus organisasi 2023-2026 di Hotel Claro Kendari, Minggu (30/7/2023). Pelantikan tersebut tindak lanjut dari Musyawarah Besar ke-III yang diselenggarakan pada Maret lalu.

Tina Nur Alam menuturkan pihaknya akan concern pada dua program kerja yang berfokus pada bidang sosial dan pendidikan. Ia mengungkapkan di bidang sosial, akan banyak dilakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat sebagai wujud pemihakan terutama kepada penduduk miskin.

“Pengabdian kepada masyarakat itu dilakukan dengan cara membuat program kegiatan yang bisa mengembangkan ekonomi rakyat. Ini amat penting karena masyarakat di daerah, secara sosial ekonomi masih tergolong lemah,” ungkap Tina Nur Alam saat memberikan sambutannya usai dilantik, Minggu (30/7).

Ketua IKA FISIP UHO Kendari perode 2023-2026 terpilih ini mengatakan program pada bidang pendidikan seperti beasiswa yang telah saya jalankan selama ini akan dilanjutkan dan ke depan akan mengutamakan keluarga keluarga para Alumni Fisip UHO.

Lanjut dia, untuk itu maka program awal yang akan dilakukan adalah melakukan pendataan pada alumni FISIP UHO Kendari yang tesebar di 17 kabupaten/kota. Sehingga nanti akan ada database alumni berbasis IT yang akan digunakan sebagai jejaring silaturahmi dan membantu program-program studi di FISIP UHO Kendari dalam tracer study.

Sehingga, peran alumni FISIP harus terlibat di dalam proses mengubah potensi tersembunyi menjadi aktual. Menurut dia, yang dibutuhkan yakni aksi nyata di tengah realitas kehidupan yang rill.

“Konsep-konsep yang abstrak sebagaimana gaya berpikir alumni perlu dioperasionalkan sehingga dapat didayagunakan untuk perubahan masyarakat menuju kesejahteraan,” ungkapnya.

Tina Nur Alam sangat mengharapkan dukungan dan keaktifan pengurus 2023-2026 dalam mewujudkan program-program kerja yang akan  dirumuskan dalam rapat kerja.

“Semoga selama kepemimpinan saya sebagai Ketua IKA FISIP benar-benar dapat dijadikan wadah kebersamaan. Untuk itu perjalanan 3 tahun ke depan kepengurusan akan kita isi dengan berbagai program kerja sehingga waktu 3 tahun akan terasa singkat dan menyenangkan,” pungkasnya.