Harian Kendari

KOPER ATHENA: Pemberdayaan Kartini Masa Kini di Desa Pakuhaji melalui Program PPK ORMAWA BEM Fikom Unisba

HARIANKENDARI.COM,KENDARI –
Perkembangan zaman, di tengah gempuran canggihnya teknologi dan pesatnya berbagai informasi saat ini, menyebabkan adanya ketimpangan antara realita sosial dengan kompetensi sumber daya manusianya.

Ketimpangan ini juga dapat berakibat pada kesejahteraan masyarakat, khususnya kesejahteraan ekonomi dan kesejahteraan keluarga. Perempuan sebagai pemegang peran penting dalam kehidupan berkeluarga dan bermasyarakat, merupakan sumber daya manusia yang berpotensi untuk mengembangkan dan mengoptimalkan tantangan perkembangan zaman tersebut.

Desa Pakuhaji yang berlokasi di Kabupaten Bandung Barat, merupakan salah satu dari desa di Jawa Barat yang memiliki potensi sumber daya alam beragam seperti pada sektor perkebunan, peternakan dan pertanian.

Potensi sumber daya alam ini belum diimbangi dengan kondisi sumber daya manusia yang ada disana. Kurang memadainya potensi tersebut disebabkan banyaknya jumlah perempuan di desa yang putus sekolah, terutama jenjang Sekolah Menengah Pertama sampai ke jenjang Sekolah Menengah Atas.

Kondisi ini juga menyebabkan angka pernikahan dini menjadi tinggi. Menikah di usia belia dengan psikologis yang belum stabil dan minimnya pengetahuan akan pembinaan rumah tangga menjadi salah satu faktor rendahnya angka kesejahteraan keluarga di Desa Pakuhaji, Kecamatan Ngamprah.

Menjawab fenomena tersebut sebanyak 12 orang mahasiswa yang tergabung dalam Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom) Universitas Islam Bandung (Unisba), menangkap peluang untuk membangun kesadaran dan meningkatkan kapasitas serta potensi sumber daya manusia khususnya perempuan di Desa Pakuhaji.

Upaya yang dilakukan adalah dengan membuat program edukasi kepada perempuan melalui kegiatan sekolah informal yang bertajuk “KOPER ATHENA”, yang merupakan singkatan dari Sekolah Perempuan Athena. Program ini merupakan Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) yang diimplementasikan dalam program pengabdian dan pemberdayaan masyarakat yang didanai oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Dalam peresmian kegiatan PPK Ormawa Fikom Unisba pada hari Jumat, 21 Juli 2023, bertempat di Aula Desa Pakuhaji Kabupaten Bandung Barat, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Unisba, Bapak Dr. Amrullah Hidayatullah, S.Hi., M.Ag. mengatakan, “Program ini merupakan kegiatan kreativitas mahasiswa sebagai upaya kampus untuk berkontribusi pada masyarakat. Selain itu, kegiatan yang diinisiasi oleh mahasiswa Fikom Unisba ini juga merupakan upaya mewujudkan nilai-nilai Islam: mujahid (pejuang), mujtahid (peneliti) dan mujadid (pembaharu)”.

Tim PPK Ormawa Fikom Unisba, dibawah arahan dosen pembimbing Ibu Tri Nur Aini Noviar, S.Sos., M.Si. membuat program Pemberdayaan Kartini Masa Kini di Desa Pakuhaji dengan tujuan memberikan pembelajaran untuk meningkatkan softskill dan hardskill, meningkatkan pemberdayaan dan pembinaan sosial perempuan, serta mendorong peningkatan kualitas perempuan melalui pendidikan informal.

Program ini dilakukan sepanjang bulan Juli sampai dengan Oktober 2023 dan dilaksanakan setiap hari Sabtu pukul 09.30 WIB bertempat di Aula Desa Pakuhaji, Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat.

Ketua Tim PPK Ormawa Fikom Unisba, Adinda Saskya Zahrani Setyawan mengatakan, bahwa program ini adalah bagian integral dari visi dan misi Universitas Islam Bandung untuk memberikan kontribusi positif kepada masyarakat.

“Melalui kegiatan ini, kami berupaya untuk menghadirkan solusi nyata bagi masalah-masalah sosial, ekonomi, dan lingkungan yang dihadapi oleh masyarakat setempat,” ujarnya

Rangkaian program berisi penyampaian materi dan simulasi terkait personality, literasi media, etika pergaulan, kewirausahaan, dan program keluarga harapan yang diikuti oleh 40 orang peserta perempuan dari Desa Pakuhaji. Selain itu, peserta juga diberikan materi tentang pendidikan seks dan alat reproduksi, serta tes IVA (Inspeksi Visual Asam Asetat) bekerja sama dengan Bidan Desa Pakuhaji.