Harian Kendari

Bangunan Baru Pesantren di Kolaka Timur Terbakar, Api Diduga Berasal dari Korsleting Listrik

HarianKendari.com.Koltim – Sebuah bangunan baru milik pondok pesantren Al-Bukhari Wesalo yang terletak di Kecamatan Lalolae, Kabupaten Kolaka Timur terbakar pada Jumat (23/6/2023) siang.

Kasubsi PIDM Humas Polres Kolaka Timur Aipda Pendi Palintin menjelaskan kronologis kejadian sekitar pukul 12.30 Wita seorang saksi yang merupakan santriwati sedang menunggu antrian untuk melaksanakan shalat dzuhur di asrama putri pesantren sebelah bangunan yang terbakar.

“Saksi ini melihat ada kepulan asap yang keluar dari ventilasi bangunan tersebut,” ungkapnya dikonfirmasi wartawan, Jumat (23/6/2023).

Kemudian jamaah yang baru saja selesai melaksanakan salat berjamaah di masjid lalu melihat bangunan asrama tersebut terbakar dan mengeluarkan kepulan asap. Ia mengatakan semua jamaah salat berlari menuju bangunan tersebut dan melakukan pemadaman dengan alat seadanya.

“Santri-santri memadamkam api seadanya sambil menunggu datangnya armada pemadam kebakaran Koltim,” ujarnya.

Pendi menjelaskan sekitar pukul 12.40 Wita, anggota kepolisian tiba di lokasi kebakaran membantu memadamkan api dengan peralatan seadanya. Tak berselang lama, satu unit mobil damkar dan mobil tangki air biasa membantu memadamkan api.

“Sehingga pada pukul 13.30 Wita api dapat dipadamkan keseluruhan pada atap bangunan,” ujarnya.

Adapun kerugian pada kejadian kebakaran plafon bangunan hancur, kayu penopang atap sebagian hangus, kasur 150 buah hangus, 4 bantal 150 buah hangus. Kerugian ditaksir sekitar Rp 300 juta.

“Penyebab kebakaran tersebut diduga akibat adanya arus pendek (korsleting),” bebernya.