Harian Kendari

Fakultas Kesmas UHO Laksanakan Giat Cegah Tangkal Burden Malnutrition di Bombana

Bombana, Hariankendari.com – Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Halu Oleo melaksanakan kegiatan Program desa binaan terintegrasi dengan pengabdian Merdeka belajar, kampus merdeka dengan Tema kegiatan ini yakitu Cegah Tangkal Burden Malnutrition (Cekal Trip Bombana) di kelurahan Lameroro, desa Tapuhahi, dan desa Lantawonua Kecamatan Rumbia Kabupaten Bombana , Sabtu (03/12/2022).

Kegiatan pengabdian masyarakat merupakan salah satu tri dharma dari perguruan tinggi selain kegiatan pendidikan. Agar masyarakat tetap sehat dan anak-anak tetap sehat. Lebih lanjut dengan adanya kegiatan ini juga akan semakin menambah wawasan masyarakat terhadap stuting.

Dalam kegiatan tersebut hadir, Ramadhan Tosepu,SKM,M.Kes.,Ph.D, Devi Savitri Effendy,SKM.,M.Kes.,Ph.D, La Ode Ali Imran Ahmad,SKM.,M.Kes, Hariati Lestari,SKM.,M.Kes, Rizki Eka Sakti Octaviani,S.Gz.,M.Kes,
Pitrah Asfian,S.Sos.,M.Sc, dan Dr.Fikki Prasetya,SKM.,M.Kes

Kegiatan ini juga di hadiri Kepala Puskesmas Rumbia Rahmat, Ia menyampaikan bahwa dirinya sangat menghargai dengan adanya  kegiatan ini karena bisa membantu dalam edukasi masyakarakat.

“Alhamdulilah kami sangat menghargai hadirnya tim dari FKM UHO karena bisa membantu dan mengedukasi masyarakat, dapat menambah pengetahuan, dan merubah perilaku masyarakat semakin baik kedepanya,”.

Kegiatan Cegah Tangkal Burden Malnutrition (Cekal Trip Bombana) Berisi edukasi tentang Anemia, Obesitas dan Stunting pada remaja, ibu hamil dan ibu bayi/balita. Serta Penyuluhan dan pelatihan pengukuran Antropometri (BB/PB/TB balita), pengukuran lingkar perut pada wanita usia subur.

Devi Savitri Effendy selaku ketua tim menyampaikan bahwa Output kegiatan ini yaitu terbentuknya kader Cekal Trip Bombana yang membantu pemerintah dalam peningkatan status kesehatan masyarakat di wilayahnya.

“Yang kami harapkan dari kegiatan ini akan terbentuk kader-kader Cekal Trip di wilayah Kab. Bombana yang tentunya bisa membantu Pemerintah dalam peningkatan status kesehatan masyatakat,”.