Harian Kendari

Massa Blokade Ruas Jalan Unaaha-Abuki Rusak, Pemprov Sultra Diminta Lakukan Perbaikan

HarianKendari.com.Konawe – Kelompok masyarakat yang tergabung dalam Aliansi Masyarakat Abuki, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra) memblokade ruas jalan Unaaha-Abuki buntut rusaknya jalan di wilayah tersebut. Pemprov Sultra diminta turun untuk melakukan perbaikan.

Massa mulai turun ke jalan sekitar pukul 10.25 Wita pada Selasa (16/5/2023). Massa menuju lokasi jalan yang rusak parah di Desa Epeea Kecamatan Abuki Kabupaten Konawe, langsung melakukan orasi secara bergantian dan menutup seluruh badan jalan poros Unaaha-Abuki dengan menggunakan kendaaran roda empat.

Massa juga melakukan pembakaran ban bekas dan membentangkan spanduk yang bertuliskan ‘Aliansi Masyarakat Kecamatan Abuki Raya mendesak Pemprov Sultra dan Dinas PUPR segera mengaspal jalan kami’ disepanjang badan jalan sehingga terjadi kemacetan parah di jalur itu.

Koordinator Lapangan Erik Supiat meminta agar Pemprov Sultra segera menindaklanjuti kerusakan jalan penghubung tersebut. Terutama dinas terkait yang berwenang dalam hal perbaikan insfrastruktur jalan di Sultra.

“Kami mendesak agar Dinas PUPR Sultra agar segera meninjau langsung kondisi kerusakan jalan di Poros Unaaha-Abuki,” ujarnya dalam orasi, Selasa (16/5/2023).

Massa aksi bersikeras akan tetap menutup dan memblokade badan jalan, hingga ada perwakilan Pemprov Sultra atau Pemerintah Daerah Kabupaten Konawe dan DPRD Konawe yang turun ke lokasi aksi, menerima dan memenuhi tuntutan pengunjuk rasa.

“Kami mendesak Dinas PUPR Sultra, agar segera mengeksekusi dan merealisasikan perbaikan jalan poros Unaaha-Abuki,” ujarnya.

Sementara Kapolsek Abuki Iptu Yusran membenarkan aksi itu. Ia mengatakan masaa menuntur perbaikan jalan poros Unaaha-Abuki. Aksi berakhir sekitar pukul 12.00 Wita.

“Massa dari aksi Aliansi Masyarakat Abuki yang menuntut perbaikan jalan Poros Abuki-Unaaha yang berakhir pukul 12.00 Wita,” ujarnya.