Harian Kendari

Peringati Hari Buruh, KSPN Konawe Bakal Unras di DPRD Sultra

Yopi ketua DPD KSPN Konawe

HarianKendari.com, Kendari – Memperingati hari buruh Nasional di 1 Mei 2024, Kesatuan Serikat Pekerja Nasional (KSPN) Kabupaten Konawe bakal lakukan unjuk Rasa (Unras), di depan kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulawesi Tenggara (Sultra) pada Senin 1 Mei 2024.

Ketua DPD KSPN Konawe Yopi, saat dihubungi awak media menyampaikan, mulanya rencana aksi demonstrasi tersebut akan dilakukan di depan perusahaan VDNI dan OSS. Tapi dalam pertimbangan dan kesepakatan di internal KSPN, aksi Unras akan di lakukan di satu titik DPRD Sultra.

“Awalnya memang dua titik, di perusahaan dan di DPRD Sultra. Namun untuk pertimbangan kami KSPN Konawe membatalkan aksi Unras di depan perusahaan, sebab ditengarai bayak pihak-pihak yang ingin memanfaatkan aksi tersebut,” ungkapnya melalui sambungan telepon, pada Minggu, (30/04/24).

Ia melanjutkan, aksi unjuk rasa dalam memperingati hari buruh ini akan menuntut soal kesejahteraan para pekerja buruh utamanya tunjangan.

“Jika terjadi aksi di depan perusahaan VDNI dan OSS, maka itu bukan dari kami KSPN, tapi ada kelompok lain yang diluar dari kami,” ujarnya.

Saat ditanyai apakah aksi unras kali ini berafiliasi dengan politik, ia menyampaikan dan menegaskan bahwa rencana demonstrasi tersebut tidak memiliki keterikatan dengan politik.

“Kami tidak memiliki keterikatan dengan parpol manapun, pun juga kami tidak melarang bila ada anggota yang masuk politik,” jelasnya.

“Isunya saja yang sama perihal buruh, tapi secara kelembagaan kami berbeda, dan tidak merupakan wadah nasional tersendiri serta tidak berhubungan dengan Parpol atau politik praktis lainnya,” tambahnya.

Diketahui, Hari Buruh atau dikenal juga dengan sebutan May Day pada umumnya dirayakan pada tanggal 1 Mei.

Hari buruh ini adalah sebuah hari libur (di beberapa negara) tahunan yang berawal dari usaha gerakan serikat buruh untuk merayakan keberhasilan ekonomi dan sosial para buruh.

Laporan : Redaksi