Harian Kendari

Pertemuan Kapolda Sultra Dengan Pengurus LAT Bahas Langkah Antisipasi Dan Penyelesaian Masalah Isu Sara di Sultra

HarianKendari,Kendari – Kepala Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tenggara (Sultra) Irjen Pol Teguh Pristiwanto menyambut hangat Bupati Konawe, Pj Walikota Kendari serta Ketua dan pengurus LAT (Lembaga Adat Tolaki) perihal pertemuan langkah antisipasi dan upaya penyelesaian permasalahan skripsi yang di anggap menyinggung masyarakat suku Tolaki.

Skripsi tersebut dibuat oleh seorang mahasiswa Universitas Muhammadiyah Makassar atas nama Jumardin yang berjudul Asumsi Masyarakat Bugis Terhadap Ideologi Suku Tolaki di Kolaka Utara.

Dalam pertemuan tersebut Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa menyampaikan, bahwa dia sangat dukung terhadap Polda Sultra untuk menuntaskan kasus penghinaan suku tolaki.

“Dan untuk semua ormas tolaki mari bersama sama menjaga keamanan,kenyamanan dan tidak mudah terprovokasi dengan isu yang beredar,” ujarnya.

Bukan hanya itu, Sekjen DPP LAT Bisman Saranani, mengungkapan bahwa mereka menunggu dan mendukung Polri untuk menyelesaikan permasalahan. LAT akan melakukan sormasi kepada Unismuh Makassar untuk membatalkan karya ilmiah yang kontroversial dan mencabut gelar penulisnya.

Mendengar semua peryataan kedua tokoh itu Kapolda Sultra Irjen Pol Teguh Pristiwanto meminta masyarakat agar tidak terprovokasi dan menyerahkan kasusu ini kepada Polri.

“Saya mendukung upaya DPP LAT yang akan melakukan somasi. Mari kita mengajak bersama sama keamanan dan ketertiban masyarakat agar tetap kondusif,” ujarnya.

Lanjut Kapolda, dan akun yang di laporkan itu sudah diproses oleh Dir reskrimsus Polda Sultra. Dan Tim siber LAT bisa bekerjasama dengan Polda apabila ada permasalahan medsos.