Harian Kendari

Putra Mahkota Abu Dhabi Kunjungi Indonesia, Diterima Langsung Presiden

Presiden Jokowi menerima Duta Besar PEA untuk Republik Indonesia, Abdulla Salem Al Dhaheri, di Istana Merdeka, Jakarta, pada Selasa (04/04/2023). (Foto: BPMI Setpres/Muchlis Jr)

HarianKendari.com, Nasional – Presiden Indonesia Joko Widodo, menerima langsung kunjungan duta besar (dubes) Persatuan Emirat Arab (PEA) untuk Republik Indonesia, Abdulla Salem Al Dhaheri, di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (04/04/23).

Melansir laman resmi Sekretaris Kabinet, Setkab.go.id, Presiden secara resmi menyampaikan ucapan selamat kepada Sheikh Khalid bin Mohammed bin Zayed Al Nahyan yang telah ditunjuk sebagai Putra Mahkota Abu Dhabi dan juga kepada Yang Mulia Sheikh Mansour bin Zayed sebagai Wakil Presiden Persatuan Emirat Arab.

“Bapak Presiden minta disampaikan ucapan selamat ini kepada beliau berdua,” ucap Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi dilansir dari setkab.go.id

Kata Retno, dalam pertemuan tersebut Presiden Jokowi juga mengutarakan tentang upaya penguatan hubungan ekonomi antara kedua negara. Kepala Negara berharap finalisasi ratifikasi Indonesia-UAE Comprehensive Economic Partnership dapat segera terselesaikan.

“Bapak Presiden menyampaikan harapan agar semua proses dapat selesai maksimal pada akhir tahun ini,” lanjutnya.

Upaya penguatan hubungan ekonomi lainnya yang dibahas yaitu terkait proyek investasi PEA pada sejumlah pembangunan infrastruktur di Tanah Air.

“Beliau juga bicara dengan Dubes UAE mengenai beberapa proyek investasi, antara lain di bidang pembangunan port yang diharapkan juga dapat selesai segera,” tambah Retno.

Diketahui, melansir dari iNews.id, Presiden Jokowi menyampaikan kesediaan Abdulla Salem Al Dhaheri untuk menghadiri World Climate Action Summit yang akan digelar pada bulan Desember mendatang.

“Acara World Climate Action Summit ini nanti diselenggarakan pada awal Desember, bertepatan juga dengan perayaan ke-52 Hari Nasional UAE,” jelas Retno.

Laporan : Redaksi