Harian Kendari

Batal Jadi Tuan Rumah Pildun, Jokowi Sebut Timnas U-20 Masih Punya Banyak Kesempatan

Presiden Jokowi didampingi Ketua Umum PSSI Erick Thohir bertemu dengan para pemain Timnas Indonesia U-20, Sabtu (01/04/2023), di Stadion GBK, Jakarta. (Foto: Humas Setkab/Rahmat)

HarianKedari.com, Nasional – Indonesia semestinya menjadi tuan rumah piala dunia usia 20 tahun, tetapi carut marut yang terjadi hingga penolakan keikutsertaan Israel dalam pergelaran olahraga terbesar itu membuat Indonesia dibatalkan FIFA menjadi tuan rumah.

Pasca itu, presiden Indonesia Joko Widodo menemui langsung para pemain timnas U-20 di Stadion Gelora Bung Karno dan didampingi ketua PSSI Erick Tohir.

Dilansir dari Kompas.com, kepala negara mengatakan, anak-anak asuhan pelatih Shin Tae-Yong itu masih berusia muda sehingga masih banyak turnamen yang bisa mereka ikuti di masa depan.

“Kayak U-20 ini karena masih muda, masih memiliki banyak kesempatan, bisa nanti main di SEA Games, bisa Asian Games, masih bisa di AFF, masih bisa main di Olimpiade,” kata Jokowi seusai bertemu skuad timnas U-20 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (1/4/2023).

Jokowi pun mengaku, ingin memiliki tim nasional yang dibangun sejak awal secara terus menerus dan berkepanjangan sehingga mereka benar-benar siap untuk bertanding di tingkat dunia.

Melansir laman web Sekretariat Kabinet, setkab.go.id, Presiden Jokowi menyampaikan bahwa kedatangannya ke Stadion GBK adalah untuk memberikan semangat kepada pemain Timnas U-20 yang urung berlaga di Piala Dunia U-20 seiring dengan pencoretan Indonesia sebagai tuan rumah ajang bergengsi tersebut.

“Sore hari ini saya hadir di Gelora Bung Karno untuk memberikan semangat kepada tim U-20 untuk agar mereka tidak larut terus dalam kekecewaan dan kesedihan,” ujar Presiden usai bertemu dengan Timnas U-20.

Presiden pun mendorong agar PSSI membangun tim sepak bola yang tangguh dan mampu bersaing.

“Ke depan kita ingin memiliki tim yang dibangun sejak awal secara terus-menerus, berkepanjangan, sehingga kita bisa mendapatkan sebuah tim nasional yang betul-betul siap,” tuturnya.

Laporan : Redaksi