Harian Kendari

Kolutrac Siap Kolaborasi Bersama TNI-Polri Ciptakan Sitkamtibmas Jelang Pemilu 2024

HARIANKENDARI.COM, KOLUT – Komunitas Kolaka Utara Trail Adventure (Kolutrac), siap berkolaborasi bersama TNI-Polri guna menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Sitkamtibmas) jelang Pemilu 2024.

Kesiapan itu disampaikan oleh Ketua Kolutrac Mukramin, dalam kegiatan silaturahmi bersama IMI Kolaka Utara, dan pihak kepolisian Kolaka Utara di Warkop N3 Tree Kecamatan Lasusua Kabupaten Kolaka Utara, Sabtu (11/03/23).

Ketua Kolutrac, Mukramin menerangkan, selain silaturahmi, pertemuan itu bertujuan agar Komunitas yang di pimpinnya dapat menjadi pelopor untuk seluruh lapisan masyarakat di kabupaten Kolaka Utara dalam mewujudkan Siskamtibmas menjelang Pemilu 2024.

“Kami mengharapkan komunitas Kolutrac ini bisa bekerja sama dengan Instansi Kepolisian dan TNI dalam menjaga situasi Kamtibmas menjelang pelaksanaan Pemilu 2024,” ungkapnya.

Mukarim juga menyatakan, di sosial media banyak akun-akun bodong yang menyebarkan kabar hoaks yang berpotensi menjadi bibit-bibit yang dapat merusak Kamtibmas di Kolaka Utara.

“Dengan adanya problem tersebut di Kabupaten Kolaka Utara kami berharap kepada kepolisian utamanya di Dit Intelkam bisa memberikan masukan dan cara mengantisipasi adanya provokasi di media sosial tersebut,” pintanya.

Di tempat yang sama, Kasat Intelkam Polres Kolut, Iptu Imam Malik Arifin menjawab, permasalahan maraknya akun bodong yang sengaja memposting sesuatu yang bersifat profokasi dan mendiskreditkan kinerja pemerintah khususnya kabupaten Kolaka Utara dapat di selesaikan dengan beberapa tahapan dan langkah.

Adapun langkah-langkah untuk mengantisipasi akun-akun bodong kata dia antara lain, melakukan profilling terhadap akun fake atau bodong, melakukan take down, dan melakukan kontra opini di group Facebook untuk mengkounter postingan-postingan provokasi di media sosial.

“Direktorat Intelkam mendapat tugas untuk memberikan testimoni kepada Toda, Toga, Toma dan Tokoh Politik untuk membuat testimoni menjelang pelaksanaan Pemilu 2024 agar tetap menjaga situasi kamtibmas,” ungkapnya.

Sedangkan Ketua IMI Kolaka Utara, Fathul Lahasim juga menyatakan, Komunitas IMI Kabupaten Kolaka Utara siap untuk menjadi pelopor kepada seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Kolaka Utara untuk bersama-sama menjaga sitkamtibmas menjelang pelaksanaan Pemilu 2024.

“Dengan terlaksananya kegiatan ini bisa menjadi contoh positif kepada komunitas lain khususnya di Kabupaten Kolaka Utara,” ujarnya.

Sementara, anggota DPR Fraksi PKB Martani Mustafa menyampaikan, organisasi Kolutrac ini bisa menjadi contoh terhadap komunitas lainnya sebagai pelopor dalam menjaga kamtibmas di Kolaka Utara.

Ia berharap, kepolisian dan anggota Kolutrac dapat bekerjasama mengantisipasi adanya provokasi di media sosial demi menjaga sitkamtibmas di wilayah Kabupaten Kolaka Utara. Sebaran isu hoax menjadi perhatian lebih karena dapat memicu fitnah lainnya dan merusak kondusifitas daerah.

“Alhamdulillah terimah kasih atas terselenggaranya kegiatan Silahturahmi ini. Yang menjadi perhatian di Kolaka Utara adanya isu di medsos terkait adanya postingan provokasi yang dapat memicu konflik utamanya menjelang Pemilu 2024,” ujarnya.

“Dalam kesempatan ini diharapkan teman-teman kepolisian dan anggota Kolutrac untuk bekerjasama mengantisipasi adanya provokasi di media sosial demi menjaga sitkamtibmas di wilayah Kabupaten Kolaka Utara,” tutupnya.

Laporan: Redaksi