Harian Kendari

Cakades Wanita di Kolaka Utara, Komitmen Bangun Tanah Kelahiran

HarianKendari.com, Kendari – Eskalasi perpolitikan di Kabupaten Kolaka Utara, mulai menghangat. Salah seorang kandidat dari kalangan perempuan mulai muncul untuk maju di Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) yang akan diadakan serentak maret 2023, berlangsung di 67 Desa yang tersebar di 15 Kecamatan, Kabupaten Kolaka Utara (Kolut), Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Andi Sriwana yang akrab di sapa puang wana menyatakan siap mencalonkan diri dalam perhelatan pilkades. Ia mengaku ingin membangun tanah kelahirannya Desa Tetebawo, kecamatan Batu putih, Kabupaten Kolaka Utara agar menjadi lebih baik lagi ke depan.

Perempuan yang sehari-harinya aktif menyuarakan berbagai persoalan lingkungan Hidup ini mengaku merasa terpanggil dengan dorongan kuat masyarakat Desa Tetebawo yang menghendaki adanya perubahan di berbagai sektor seperti di Bidang Pertanian, Kesehatan dan Pendidikan yang masih di rasa masih terdapat kelemahan.

“Majunya saya hari ini atas Dorongan dari Masyarakat Desa Tetebawo yang berharap besar adanya Perubahan yang menyentuh langsung Warga masyarakat yang berdomisili dan bemukim di Desa Tetebawo, bukan Warga yang bermukim dan bertempat tinggal di Desa-desa Lain, namun ber-KTP dan ber-KK di Desa Tetebawo, ini yang membuat Saya miris terlebih lagi banyak Bantuan yang Tidak Merata untuk Warga Lokal,” kata Pung Wana saat ditemui di Desa Tetebawo, Sabtu (04/03/2023).

Dirinya menambahkan jika nantinya dirinya di berikan kesempatan oleh masyarakat desa Tetebawo maka dirinya terlebih dulu akan merapikan administrasi Desa Khususnya data kependudukan dan KK yang saat ini masih di temukan adanya warga luar desa namun memiliki data kependudukan desa Tetebawo.

“Saya juga meminta Seluruh Masyarakat untuk bisa bersama-sama dengan Saya dalam membangun Desa Tetebawo agar bisa menyentuh Pemerataan Kesejahteraan untuk Semua Masyarakat di Desa dan Program Pembinaan untuk Ibu-ibu supaya bisa mempunyai Penghasilan sendiri melalui Program Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dan Struktur Aparat tidak akan Kami lakukan Perubahan hanya dilakukan Pembinaan biar bisa Bekerja sesuai Topuksinya Masing-masing,” Tambahnya.

Sementara itu, Salah seorang Warga setempat mengaku sangat bersyukur dan bangga atas Keputusan Pung Wana untuk Maju sebagai Calon Kepala Desa Tetebawo.

“Kami Siap membantu untuk menggalang Persatuan dan Kekeluargaan agar dapat memenangkan Pung Wana pada Bulan Maret Tahun 2023 di Bilik Suara. Program Pung Wana diharapkan dapat menyentuh Seluruh Masyarakat Desa di Bidang Pertanian, Kesehatan, Pendidikan, Pemberdayaan Perempuan dan berbagai Bidang Lainnya,” Pungkas Warga yang enggan ditulis namanya.

Laporan : Redaksi