Harian Kendari

Film The Hero Of Buton La Karambau Karya Cineas Lokal Ramai Penonton, Didominasi Kaum Milenial

Eksekutif produser, sutradara dan pemeran film The Hero Of Buton La Karambau. Foto : Sulthan

HARIANKENDARI.COM, KENDARI – Film The Hero Of Buton La karambau karya sutradara muda asal kota Bau-bau Alan, ramai penonton dan didominasi kaum milenial. Film berdurasi 140 menit tersebut di produksi selama tiga tahun dan resmi ditayangkan perdana di Bioskop Hollywood Kendari, Senin 27 Februari 2023.

Dari hasil pantauan awak media HarianKendari.com, sheet kursi bioskop penuh penonton dan didominasi oleh kaum milenial. Tak hanya itu, terlihat para penonton menikmati alur film tersebut.

The Hero Of Buton La karambau sendiri merupakan film karya kedua Alan, sebelumnya film Oputa Yi Ko juga di tayangkan di bioskop Hollywood Kendari.

Para penonton disajikan adegan silat asli daerah Buton yang dikenal dengan sebutan Balaba. Aksi-aksi pertarungan dalam film tersebut membuat decak kagum para penonton. Beberapa adegan dengan menggunakan senjata tajam membuat hening seisi bioskop.

Diakhir film, para penonton diberi sesi tanya jawab dan foto bersama para pemeran film Lakarambau.

Eksekutif Produser The Hero Of La Karambau saat diwawancarai awak media HarianKendari.com seusai pemutaran filmnya, La Ode Triad Dobreinner menyampaikan rasa syukur dan harunya. Sebab behind the scene film ini sangat panjang, dan penuh dengan perjuangan hingga dihadiahi penayangan di Bioskop.

Pada penghujung film, ia sempat menetaskan air mata haru dan gembira atas capaian yang telah diraihnya. Sebab tak hanya Seniman, anak jalanan yang kadang dipandang sebelah mata oleh masyarakat juga turut berperan dalam film tersebut sebagai kru atau peran tambahan.

“Saya sangat bangga generasi kita hari ini peduli dengan karya anak lokal, turut andil bermain bersama kita,” ucapnya pada Senin (27/02/23).

Para pemain dengan bermacam profesi, perbedaan karakter disatukan dalam sebuah karya film ini menjadi salah satu poin dalam suksesi film tersebut.

“Dengan lintas profesi para pemeran, mereka tampil dilayar lebar, saya terharu bahwa inilah hadiah kita untuk anak cucu kita semua. Bahwa ayahmu tidak nakal, ayahmu bukan gembel, ayahku berkarya untuk negerinya,” harunya.

Sedang pemeran utama The Hero Of Buton La Karambau, Ridho Jail menyampaikan rasa terimakasihnya atas antusiasme masyarakat terhadap film kali ini. Dirinya berpesan agar para pemuda Sultra selalu berkarya walau memiliki keterbatasan.

Kalau bisa berkarya lebih positif, dan kalau ingin punya bakat dibidang Cineas, jangan takut jangan malu dan belajar terus,” harapanya.

“Film La Karambau ini kita mengeksplor budaya, darah, dan pariwisata kita agar lebih dikenal masyarakat luas,” pungkasnya.

Diketahui, pemutaran film ini juga bertepatan dengan hari kelahiran sutradara asal Baubau Alan ASJKG, ini merupakan hadiah istimewa yang diterimanya.

Reporter : Sulthan