Harian Kendari

Respon Kapitan Sultra Atas Rintihan Ibu RT Dalam dugaan Penyerobotan Lahan  oleh PT.Elit Kharisma Utama

Harianekendari com, Konawe Utara | Seorang Ibu RT Didesa morombo pantai kec.langkikima kab.konawe utara Viral Setelah Video Bereder dimedia sosial. Hal ini mendapat berbagai tanggapan serta dukungan positif terhadap kejadian yang menimpa salah seorang yang mengaku memiliki lahan yang telah diserobot dilokasi tersebut.Hal ini mendapat sorotan khususnya dari penggiat lingkungan dan pertambangan KAPITAN SULTRA.

Asrul Rahmani selaku ketua kapitan Sultra mengaku mendapatkan laporan dari salah satu pemilik lahan masyarakat desa morombo pantai. Dimana lahan tersebut berdiri diareal IUP penambangan PT.Elit kharisma utama II, Yang bertindak selaku pekerja kontraktor mining PT. AJB, dimana dari keterangan masyarakat tersebut sebidang tanah bersertifikat Dengan No.770 tahun 2005 ,ia mengaku telah diserobot oleh perusahaan tanpa adanya ganti rugi lahan. Warga tersebut bahkan mengaku telah melakukan upaya untuk mempertahankan haknya namun tidak mendapatkan respon ataupun penyelesaian seperti apa yang diharapkan.

Olehnya itu Kapitan Sultra Mengutuk keras atas tragedi yang menimpa beberapa warga pemilik lahan tersebut. Ia menyayangkan dari sikap pemerintah setempat serta pemilik IUP PT.elit kharisma utama seolah-olah adanya upaya pengelolaan tanpa adanya kesepakatan yang terjadi dari kedua belah pihak,apalagi tanah tersebut telah mempunyai legelitas yang jelas.

Kapitan menegaskan agar kasus ini diselesaikan dengan profesional oleh pihak perusahaan,tanpa ada pihak yang dirugikan dalam persoalan ini.ia menambahkan ini menjadi PR dari pemerintah serta aparat penegak hukum untuk menyelesaikan perkara ini dengan seadil-adilnya. ” Kasihan warga yang meminta keadilan namun dipermainkan,kita negara hukum jangan ada deskriptif” tutup nya.