Harian Kendari

Event Keren Beken Mencari Bibit Baru Bidang Entertaimen dan Fashion Sultra

Pembukaan Event Keren Beken. Foto : Sulthan

HARIANKENDARI.COM, KENDARI – Tau Event Keren Beken? Event ini sendiri merupakan event dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Event ini sendiri hadir untuk mendukung Ekonomi Kreatif yang ada di Indonesia khususnya daerah dan diselenggarakan sekali dalam setahun.

Keren Beken adalah sebuah kegiatan fashion yang menampilkan bibit muda dari masing-masing daerah di Indonesia untuk menunjukkan bakatnya masing-masing. Nantinya para perwakilan daerah akan menampilkan penampilan terbaik di kanca Nasional.

Sulawesi Tenggara sendiri untuk pertama kalinya mengikuti penyelenggaraan event tersebut. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Are Entertainment guna mencari bibit unggul dalam dunia fashion show.

Kegiatan ini sendiri diselenggarakan pada, 3-5 Agustus 2023. Mewakili Dinas Pariwisata Sulawesi Tenggara, Kepala Seksi Permodalan dan Pemasaran Bidang Ekonomi Kreatif Dispar Sultra, Silvia Astrini saat diwawancarai pasca pembukaan Event Keren Beken di Aula Dispar Sultra menyampaikan, Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sulawesi Tenggara mendukung penuh kegiatan Keren Beken ini.

“Dinas pariwisata dan ekonomi kreatif Sultra mensupport dan mengapresiasi kegiatan Keren Beken ini, ini merupakan kegiatan yang sangat positif untuk para pelaku ekonomi kreatif, serta menjadi kegiatan awal pucuk karir para model Sultra,” ungkapnya, pada Jumat, (03/02/23).

Lanjut, ia juga menyampaikan, tak hanya bentuk moril, dispar Sultra juga siap membantu secara materil. Nantinya kegiatan ini akan dianggarkan secara langsung oleh Dispar Sultra.

“Kedepan, event keren beken ini akan dilakukan secara terus menerus, dispar Sultra juga akan menganggarkan khusus untk kegiatan ini,” bebernya.

Ditempat yang sama, Owner Are Entertainment, Fardan Lakare, selaku pelaksana kegiatan menjelaskan, event ini untuk mencari bibit baru dibidang Entertainment, publik figur, dan selebriti baru di Sulawesi Tenggara.

Ia juga menyampaikan, kegiatan ini diikuti oleh seluruh perwakilan kabupaten dan Kota Se-Sulawesi Tenggara dengan total peserta 132 orang.

“Para peserta mewakili daerahnya masing-masing untuk berkompetisi di Event Keren Beken ini. Nanti pemenangnya akan mewakili Sultra di kanca Nasional,” bebernya.

“Yang registrasi 587 orang, tetapi kami seleksi menjadi 132 orang,” tambahnya.

Fardan juga menerapkan dari ratusan peserta tersebut dibagi menjadi beberapa katergori diantara, kategori A usia dini 4-7 tahun, katergori B usia 8-11 tahun, kategori C remaja usia 12-15 tahun, dan kategori D atau dewasa usia 16-27 tahun.

“Keren beken ini sudah sembilan kali dilakukan di Indonesia, tetapi Sultra perdana mengikuti ajang kali ini,” terangnya.

Akhirnya ia menerangkan, Kedepan Are Entertainment dan Dispar Sultra akan selalu bersinergi guna menyukseskan kegiatan ini. Dalam kegiatan ini pula kata Fardan peserta akan mendapatkan pelatihan guna menunjang karir dari masing-masing peserta.

“Alhamdulillah kadispar Sultra juga sangat mendukung kegiatan ini, para peserta di didik untuk menjadi model profesional dan pemenang dari ajang ini akan mewakili Sultra ke ajang nasional,” pungkasnya.

Reporter : Sulthan