Harian Kendari

Asrun Lio Resmi Jadi Sekda Sultra, Ali Mazi : Jalankan Tugas dengan Baik

Proses Pelantikan Sekretaris daerah Sulawesi Tenggara. Foto: Istimewa

HARIANKENDARI COM, Kendari – Asrun Lio resmi dilantik oleh Gubernur Sultra Ali Mazi sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) di rumah jabatan Gubernur, Rabu (11/1/23).

Gubernur Sultra, Ali Mazi menyampaikan, agar sekda definitif melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya.

“Saya percaya bahwa saudara Asru Lio Pj. Sekda Sultra akan melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan,” ungkapnya.

Lanjut, Ali Mazi menyampaikan, prosesi pelantikan pengambilan sumpah jabatan Sekda Provinsi Sultra Asru Lio dilaksanakan sebagai tindak lanjut keputusan Presiden Indonesia Nomor 166/TPA Tahun 2022 tanggal 15 Desember 2022 tentang pemberhentian dan pengangkatan dari jabatan Sekda Sultra.

“Tidak mudah mendapatkan amanah dari negara, seleksi begitu panjang dari tahap ketahap yang begitu melelahkan,” ujarnya.

Oleh karena itu, Ali Mazi meminta kepada Sekda terlantik agar menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya, dan juga pihaknya meminta agar para Organisasi Perangkat Daerah (OPD) harus patuh dan taat terhadap peraturan.

Orang nomor satu di Bumi Anoa ini menuturkan bahwa Sekda memiliki tugas dan fungsi yang sangat strategis dalam membantu kepala daerah dalam menjalankan kebijakan dan program yang ditetapkan guna memenuhi tuntutan hak masyarakat.

“Sekda memiliki peran menggerakkan, mengkoordinasikan, dan memastikan fungsi program kegiatan terhadap OPD dalam menjalankan tugas-tugasnya,” terang Ali Mazi.

Disamping itu lanjut Gubernur, Sekda juga membantu tugas aktivitas administrasi pemerintah daerah dalam rangka menyikapi dinamika otonomi daerah.

“Sebagai jenderal ASN di daerah, Sekda harus mampu mendorong kinerja aparatur pemerintah daerah yang bersih, dan berwibawa demi meningkatkan kualitas prima di masyarakat,” tuturnya.

Dirinya juga menitipkan pesan agar Sekda bisa meningkatkan kedisiplinan ASN dan mempergunakan secara maksimal segala potensi ASN yang dimiliki. Selain itu, Sekda juga diminta untuk membangun hubungan kerja sama yang baik dengan berbagai pihak.

Laporan : Redaksi