Harian Kendari

Sertijab para Kapolsek dan Kasi Jajaran Polres Baubau di Pimpin Plh Kapolres

Foto : Istimewa

HARIANKENDARI.COM, BAUBAU – Pelaksana Harian (Plh) Kapolres Baubau, AKBP Suharman Sanusi pimpin upacara serah terima jabatan (sertijab) para Kapolsek dan Kasi jajaran Polres Baubau.

Upacara Serah Terima Jabatan dan Pelantikan dipimpin yang di pimpin oleh Plh Kapolres Baubau AKBP Suharman Sanusi, SIK ditandai dengan pengambilan sumpah jabatan, penanda tanganan berita acara sertijab serta penanda tanganan fakta integritas.

Dalam sambutannya, Plh Kapolres Baubau, AKBP Suharman Sanusi menyampaikan, ucapan selamat datang dan selamat bergabung pada jajaran Polres Baubau.

Ia juga mengingatkan, agar pejabat yang baru dilantik, memberikan pelayanan kepolisian kepada masyarakat dalam bentuk penerimaan dan penanganan laporan atau pengaduan, pemberian bantuan dan pertolongan termasuk pengamanan kegiatan masyarakat dan instansi pemerintah, pelayanan surat izin atau keterangan.

“kepada pejabat yang baru para Kasat dan para Kapolsek bertanggungjawab kepada Kapolres serta dalam pelaksanaan tugas sehari-hari di bawah kendali Wakapolres,” ungkapnya.

“Serta pelayanan pengaduan atas tindakan anggota polri sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan sesuai tugas pokoknya masing-masing guna untuk mendorong peningkatan kesadaran, dan ketaatan warga masyarakat terhadap hukum dan perundangan-undangan serta peran masyarakat dalam pengamanan swakarsa,” tambahnya.

Lebih lanjut, ia juga menyampaikan Kepada Kasi Propam baru, dengan pengalaman yang dimiliki tentunya bisa membawa perubahan pada Propam dalam menegakkan disipilin terhadap anggota Polres Baubau.

“Tugas Propam membantu tugas Kapolres dalam merumuskan kebijaksanaan umum atau pokok dalam bidang pembinaan fungsi Provos di lingkungan polri, melaksanakan dan menyelenggarakan fungsi penegakan hukum dan peraturan-peraturan lainnya, tata tertib dan disiplin serta pengamanan di lingkungan polri,” bebernya.

Tak lupa, Plh Kapolres Baubau menyampaikan rasa terimkasihnya kepada Iptu Tri Nugroho HW dan Ipda Zaifulah, SH atas pengabdiannya selama bertugas di Polres Baubau sebagai Kaposlek Sorawolio dan Kasi Propam. Ia menambahkan ucapan selamat bertugas di tempat baru sebagai Kasubbag Bin Ops Bag Ops Polres Buton dan Kapolsek Bonegunu Polres Buton Utara.

“Semoga dengan pengalaman saudara miliki mampu melaksanakan tugas dan tanggung jawab dengan sebaik-baiknya untuk memajukan polri,” doanya.

Diketahui, sertijab ini dilakukan atas dasar keputusan Kapolda Sultra nomor. : Kep / 898 / XI / 2022 tanggal 18 November 2022 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan perwira di lingkungan Polda Sultra.

Beberapa nama dalam pergantian antara lain,

  1. 1. Iptu Bangga Parnadin Sidauruk, S.Trk, Kasat Polairud digantikan oleh AKP Yudhi Widya Sarono, SH.
  2. 2. Kasat Narkoba dari Iptu Amirullah,SH kepada Iptu Sunarton Hafala, SH.
  3. 3. Kapolsek Wolio dari Iptu Sunarton Hafala, SH kepada Iptu Mas’ud Gunawan, SH.
  4. 4. Kapolsek Kawasan Pelabuhan dari AKP Yudhi Widya Sarono, SH kepada AKP Asrun, S,Si.
  5. 5. Kapolsek Sorawolio dari Iptu Tri Nugroho HW kepada Iptu Widiyanti, SH.
  6. 6. Kapolsek Kadatua dari Iptu Arman kepada Iptu La Ode Walimu, SH.
  7. 7. Kapolsek Lakudo dari Iptu Yusri kepada Iptu Musrifin, Sp.
  8. 8. Kapolsek Mastim dari Iptu Musrifin, Sp kepada Iptu Arifin.
  9. 9. Kapolsek Sangia Wambulu dari Ipda Rusdin Halidun kepada Ipda Joni Arani, SH.
  10. 10. Kasi Propam dari Ipda Zaifullah, SH kepada Iptu Yusri.

Laporan : Redaksi