Harian Kendari

Masyarakat dan Pengunjung Festival Labengki 2022 di Hibur Antraksi Jetski

HARIANKENDARI.COM, KONUT – Ada yang berbeda pada festival Labengki 2022, tak seperti sebelumnya, kegiatan yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata Sulawesi Tenggara bersama Pemda Konawe Utara ini menampilkan sesuatu yang baru, salah satunya Parade dan Antraksi Jetski.

Sekitar 18 peserta Kendari Jetski Community (KJC) menghibur masyarakat di pulau labengki serta para pengunjung wisata hingga tamu-tamu Festival Labengki 2022, dengan melakukan atraksi dan parade dalam kegiatan touring wisata pada Minggu, (4/12/2022)

Menurut salah satu perwakikan dari KJC, Ilham, bahwa Parade dan atraksi jetski dihadapan ratusan mata penonton, dilakukan oleh KJC selain bagian dari touring wisata, Pulau Labengki menurutnya, aset berharga di dunia pariwisata Sultra, dan KJC mencoba mengambil peran dalam promosi Pariwisata tersebut.

Disis lain, mereka juga kolabroasi bersama Dinas Pariwisata Provinsi Sultra dalam rangkaian meramaikan Festival Labengki.

“Dari KJC Sendiri memang sering lakukan juga touring wisata, namun kali ini sehubungan kolaborasi bersama Dinas Pariwisata Provinsi Sultra kamipun mensupport dan meramaikan perhelatan Festival Labengki 2022. Menurut Kami Pulau Labengki ini adalah aset berharga di dunia pariwisata, maka memang untuk semua pihak mendorong promosi dan pengembangan pulau labengki sendiri, dan KJC mencoba mengambil peran dilamnya,” ujar Ilo sapaan akrabnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sulawesi Tenggara H. Belli, menyampaikan, festival Labengki sudah digelar ke dua kalinya, tentu harus ada treatmen khusus yang dipersiapkan untuk peningkatan konsep Festival ini, sehingga target kedepan Festival ini bisa lebih meriah dan ramai dikunjungi wisatawan.

“Kami bersama Pemrintah Daerah Konawe Utara terus berkolaorasi untuk kemajuan Labengki, salah satunya bagaimana Festival Labengki ini tiap tahun diadakan dan diberi treatmen khusus sehingga kontennya dari hari -kehari lebih bervariatif,” ungkapnya.

“Orang akan menunggu apalagi kejutan Fastival Labengki tahun berikut sehingga rasa penasaran itu membuat wisatawan makin tertarik untuk berkjung di Festival ini,” tambah Belli.

Tak lupa, Kadis Pariwisata Sultra ini menyampaikan rasa terimakasihnya atas partisipasi KJC dalam event ini, dan mengungkap bahwa pergerakan teman-teman Jetski memang tidak bisa terlalu melebar kemana-mana dalam kawasan wisata pulau Labengki, mengingat kawasan ini dibeberapa titik juga menjadi spot penyelaman, sehingga tidak diperkenankan dilalui jenis waterspot tertentu salah satunya jetski. Sehingga parade dan atraksi hanya dilakukan di titik tertentu.

Laporan : Sulthan