Harian Kendari

Tips Aman Bertransaksi Ala Bank Sultra untuk Para Nasabah

Foto : Bank Sultra

HARIANKENDARI.COM, KENDARI – Perkembangan ekonomi digital dan inovasi di bidang Teknologi Informasi (TI) sangat pesat, hal itu berdampak terhadap perkembangan pelayanan jasa di berbagai sektor, termasuk jasa perbankan.

Selama beberapa tahun belakang, risiko ancaman dan insiden siber telah muncul sebagai isu yang berkembang di sektor perbankan.

Meningkatnya ancaman siber yang semakin canggih serta maraknya insiden siber menuntut kewaspadaan dan kemampuan Bank dalam menghadapi juga menangani ancaman yang muncul.

Menyikapi itu, dalam rangka menjaga keamanan data dan perlindungan nasabah, Bank Pembangunan Daerah (BPD) Sulawesi Tenggara (Sultra) atau lebih dikenal dengan sebutan Bank Sultra memberikan beberapa tips dalam bertransaksi.

Melansir dari postingan Instagram resmi Bank Sultra, pada Selasa (22/11/22), menyajikan tips Aman bertransaksi untuk para nasabahnya. Pihak Bank Sultra juga menghimbau para nasabah untuk mengganti pin ATM secara berkala di seluruh ATM/CRM Bank Sultra.

Adapun beberapa tips keamanan dalam bertransaksi sebagai berikut :

1.Bertransaksi pada ATM yang terletak di lokasi bank atau dalam penjagaan satpam dan dalam pantauan CCTV.

2.Tutup pinpad tombol ATM dengan tangan apabila memasukkan pin agar tidak terlihat orang lain atau kamera tersembunyi.

3.Cek saldo rekening sebelum dan setelah transaksi secara rutin.

4.Lakukan penggantian pin kartu ATM/debit secara berkala dan pastikan kartu Anda telah menggunakan chip dan berlogo GPN.

5.Berhati-hati dengan bantuan orang lain di sekitar mesin ATM atau orang yang mengaku petugas bank.

6.Aktifkan layanan SMS push notifikasi Bank Sultra pada kantor operasional terdekat.

Selain itu, Bank Sultra juga melarang nasabah melakukan transaksi apabila ukuran slot kartu ATM janggal, kartu sulit masuk ke dalam mesin ATM, pinpad/tombol ATM terasa longgar dan terdapat keanehan pada mesin ATM.

Laporan : Sulthan