Harian Kendari

Tidak Puas Kinerja Gubernur Sultra, Masyarakat Landono-Mowila Blokade Jalan Poros Kendari-Konsel

Massa aksi saat lakukan blokade jalan poros Kendari – konsel. Foto : Abdul

HARIANKENDARI.COM,KENDARI – Puluhan massa aksi yang tergabung dalam Gerakan masyarakat Landono-Mowila menggelar aksi memblokade Jalan Poros Kendari – Konsel di Desa Amotowo, Kecamatan Landono, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Senin (21/11/2022).

Salah satu masa aksi Awaludin Susila mengatakan, massa aksi menuntut pemerintah Provinsi agar sesegara mungkin memperbaiki Jalan poros Kendari – Konsel. Pasalnya jalan tersebut merupakan jalan provinsi, akibat rusak parah seringkali memakan korban jiwa.

“Karena kemarin ada salah seorang ibu beserta anaknya terjatuh di jalan ini sehingga mengakibatkan anak ibu tersebut meninggal dunia,” ucapnya.

Lanjut dia, Kurusakan jalan tersebut sudah sejak tahun 2019 hingga sekarang 2022 dan sama sekali belum mendapat perhatian jelas dari pemerintah. Jalan yang menghubungkan dua kabupaten Kota Konsel dan Kendari itu rusak parah sejauh 8 Km, ia bersama massa aksi lainya memblokade jalan, menebang pohon dan akan nengancam melakukan pondasi jalan serta menanam pohon apabila tuntutannya tidak direspon.

“Pemblokade jalan ini sampai adanya atensi pemerintah menimal tidak ada penaganan darurat serta dianggarkanya jalan poros Kendari – Konsel dan sejauh ini belum ada etikad baik dari Pemerintah untuk datang melihat, apabila tidak ada maka kami blokade jalan ini sampe bermingu-minggu,”Tambahnya.

Ditempat yang sama Turisan Jaya mewakili masyarakat Landono mengungkapkan, bahwa aksi hari ini merupakan bentuk kekecewaan masyarakat terhadap kinerja Pemerintah Provinsi Sultra yang nahkodai Ali Mazi sekaligus Gubernur Sultra.

“Kami di Jalan Poros ini sudah kurang lebih 3 atau 4 tahun nikmati kondisi jalan rusak seperti ini, kami cemburu, iri hati dengan masyarakat lain-lain yang dimana jalan mereka diperbaiki kita yang disini diterlantarkan seperti ini,” ujarnya

Turisan Jaya meminta, perhatian kepada Pemerintah Daerah dan Provinsi Sultra untuk memperbaiki Jalan Poros Kendari – Konsel karena jalan ini sudah memakan korban dan banyak masyarakat mengalami sakit akibat menghirup debu yang diakibatkan jalan ini.

Reporter : Abdul