Harian Kendari

Nyari Tempat Liburan Asik? Desa Wisata Wasuemba Bisa Jadi Pilihan

HARIANKENDARI.COM, BUTON – Berlibur menjadi hal yang selalu diinginkan setiap orang. Menghabiskan waktu libur hanya dengan berdiam diri di rumah rasanya membuang waktu dengan percuma.

Bagi masyarakat yang tinggal di kota metropolis seperti Kendari, tak jarang harus keluar daerah agar menemukan tempat wisata yang asik untuk menghabiskan waktu liburnya.

Jika memiliki waktu rehat atau libur panjang, Desa Wisata Wasuemba, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara (Sultra) bisa menjadi pilihan destinasi untuk kamu menghabiskan waktu libur.

Terletak di ujung wilayah Kabupaten Buton yang berbatasan langsung dengan Buton Selatan, Desa Wasuemba memiliki daya tarik wisata yang cukup menjanjikan untuk dikunjungi para wisatawan.

Wisata budaya dan kearifan lokal yang dimiliki, menjadi potensi besar bagi dunia kepariwisataan di Bumi Anoa. Masyarakatnya yang ramah, dan kaya akan kecantikan dapat memanjakan bagi siapa saja yang datang ke desa wisata ini.

Penjelasan panjang di atas bukan hanya sekedar bualan belaka. Pasalnya, pada perayaan hari jadinya yang  ke – 43 tahun, desa wisata yang terletak di Kecamatan Wabula ini dirayakan dengan beragam hal edukatif. Menampilkan seni budaya hingga kearifan lokal, membuat atmosfer persatuan masyarakat setempat menggelora.

Kepala Desa Wasuemba, La Tuni kepada awak media menuturkan, perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke – 43 Desa Wasuemba merupakan keinginan masyarakat bersama pemerintah desa untuk menyatukan semangat dan persatuan sehingga bisa mewujudkan kegiatan yang dimaksud.

“ini semua terlaksana atas kebersamaan, persatuan dan semangat masyarakat desa Wasuemba bersama pemerintah desa tentunya,” tutur La Tuni melalui sambungan telepon, Minggu (20/11/2022).

Ia berharap, ditahun-tahun kedepan mampu menarik minat wisatawan untuk datang ke Desa Wisata Wasuemba untuk menyaksikan perayaan HUT ke – 44 Tahun, dan dapat merasakan keindahan destinasi yang ada.

“Semoga di tahun-tahun berikut sudah mampu menarik wisatawan untuk datang ke wasuemba menyaksikan perayaan HUT ke – 44 tahun. Kegiatan HUT kali ini digelar mulai 18 hingga 20 November 2022 dengan berbagai kegiatan, mulai pentas seni, lomba mainan rakyat, lomba menyuluh dan lain-lain,” harapnya.

Melansir dari jadesta.kemenparekraf.go.id, Desa Wasuemb memiliki banyak hal menarik dan unik yang dapat disuguhkan bagi para pengunjung atau wisatawan yang datang ke tempat ini.

Dari segi wisata budaya di Desa wasuemba ini sendiri mempunyai benteng yang masih berdiri letaknya yang hanya 200 meter dari gedung information center dapat ditempuh dengan berjalan kaki, benteng ini berdiri sejak zaman kerajaan Buton dan memiliki ikatan dengan Benteng Liwu dan Benteng Koncu Wabula.

Disisi, wisata pantai yang terkenal langka dan unik di Kabupaten Buton yakni pantai lahonduru, pantai ini memiliki hamparan pasir putih yang bersih, membuat siapapun yang datang akan merasa nyaman dan betah berlama-lama di pantai ini.

Tak hanya itu, pantai ini juga terkenal sebagai kerajaan keong karena banyaknya keong yang hidup di pasir pantai ini. Selain itu, ada hal yang menarik lainnya yang ada di pantai ini, yaitu aquarium alami yang bernama E’e Tobungku. Disebut aquarium alami sebab di dalam kolam ini terdapat ikan purba yang konon telah hidup di tempat itu ratusan tahun lamanya, bahkan menurut cerita ukuran dan jumlahnya sama seperti jaman dahulu tidak bertambah dan tidak berkurang.

Penasaran dengan, kearifan lokanya, wisata dan sejarahnya, ayuk berkunjung dijamin gak akan menyesal.

Laporan : Sulthan