Harian Kendari

Ketua Ormas Tawon : Suku Tolaki Memegang Erat Adat Istiadatnya

Ketua dan wakil Ketua Ormas tawon Sultra. Foto : Ist

HARIANKENDARI.COM, KENDARI – Suku Tolaki merupakan salah satu suku tertua yang mendiami wilayah Sulawesi Tenggara (Sultra). Melansir dari Wikipedia Suku Tolaki adalah etnis terbesar yang berada di provinsi Sulawesi Tenggara. Suku Tolaki merupakan etnis yang berdiam di jazirah tenggara pulau Sulawesi. Suku Tolaki merupakan suku asli daerah Kota Kendari.

Etnis Tolaki juga merupakan salah satu suku yang masih kental dengan adat istiadatnya. Hal itu disampaikan oleh Ketua Ormas Tawon Sultra, Bibi Asmara saat menyampaikan pesan damai kepada seluruh masyarakat Sulawesi Tenggara.

Menurutnya, suku tolaki adalah suku yang cinta damai dan menjunjung adat istiadat serta hukum adat Suku Tolaki yang selalu berpegang teguh pada filosofi Inae Konasara Ia Pinesara, Inae Lia Sara Ie Pinekasara.

“Orang tolaki menjunjung tinggi Osara atau aturan aturan adat istiadat atau hukum adat tolaki yang telah menjadi sarana untuk membina , mengawasi, mengendalikan dan menegakkan tertib hukum dan tertib sosial dalam masyarakat agar masyarakat dapat hidup tertib, aman, tentram dan damai,” ungkap Bibi pada, Senin (31/10/22).

Bibi juga menerapkan, kejadian yang sempat viral yang menyeret salah satu stand up komedian asal Sultra menjadi pembelajaran besar untuk masyarakat. Sebab menjaga hubungan silaturahmi dan saling menghargai itu seta saling maaf memaafkan sangatlah penting.

“Dengan kejadian kasus yang di alami oleh Rahim Laode yang mana dalam stand up komedi yang menyinggung makanan khas Tolaki (sinonggi) merupakan pembelajar bagi kita semua bahwa dalam berkehidupan sosial kita harus saling menghormati dan menghargai satu sama lain terkhusus adat budaya yang ada di Sultra,” ujarnya.

Lebih lanjut ia menyampaikan, bahwa saat ini Ormas Tamalaki Wonua Ndolaki (Tawon) yang di pimpinnya merupakan wadah bagi pemuda dan pemudi Suku Tolaki dalam menumbuhkan kembangkan diri, karakter dan ilmu pengetahuan dalam menghadapi era globalisasi saat ini.

“Ormas Tawon saat ini merupakan wadah bagi pemuda dan pemdui untuk mengembangkan ilmu pengetahuan serta menjaga marwah adat istiadat dan budaya Suku Tolaki,” pungkasnya.

Laporan : Redaksi