Harian Kendari

Polda Sultra Optimis Tahapan Verifikasi Pengurus dan Anggota Parpol di Sultra Akan Berjalan Baik

Wadir Intelkam Polda Sultra, AKBP Suharman Sanusi (kanan) saat menjadi pembicara pada Rapat Koordinasi persiapan verifikasi faktual kepengurusan dan keanggotaan Parpol calon peserta Pemilu 2024 di salah satu Hotel yang ada di Kota Kendari.

HARIANKENDARI.COM, KENDARI – Polda Sulawesi Tenggara (Sultra) optimis tahapan verifikasi faktual pengurus dan keanggotaan Partai Politik (Parpol) di Sultra yang akan berlangsung sejak 15 Oktober hingga 4 November 2022 mendatang akan berjalan dengan baik.

Hal itu diungkapkan oleh, Wadir Intelkam Polda Sultra, AKBP Suharman Sanusi usai menjadi pembicara pada Rapat Koordinasi persiapan verifikasi faktual kepengurusan dan keanggotaan Parpol calon peserta Pemilu 2024 di salah satu Hotel yang ada di Kota Kendari, Kamis 13 Oktober 2022.

“Saya yakin bisa berjalan dengan baik, karena ini terkait dengan Parpol yang faktualnya nanti perorangan kemudian perkantoran. Insha Allah tidak menimbulkan konflik yang besar,” kata AKBP Suharman.

Untuk deteksi dini, kata AKBP Suharman, yang berpotensi menimbulkan konflik salah satunya jika terdapat nama ganda dalam satu Parpol. Untuk itu, pihaknya telah melakukan koordinasi bersama KPU dan Bawaslu agar pelaksanaan tahapan verifikasi dapat berjalan kondusif.

Sebagai upaya mengidentifikasi dan mengantisipasi adanya potensi konflik pada tahapan verifikasi mendatang. Pihaknya, meminta KPU dan Bawaslu untuk menyampaikan agar dilakukan langkah-langkah strategis mencegah terjadinya konflik.

Meski demikian, lanjut AKBP Suharman, sejauh ini di Sultra potensi konflik belum ada. Namun, koordinasi dengan KPU dan Bawaslu itu akan terus dilakukan guna mengidentifikasi potensi-potensi konflik pada tahapan verifikasi faktual Parpol ke depan.

“Sampai saat ini potensi konflik belum ada, untuk itu kami akan koordinasi kembali dengan pihak KPU, kira kira yang teridentifikasi konflik apa yang lebih besar pada saat tahapan verifikasi faktual nanti,” tutupnya.

Laporan : Redaksi