Harian Kendari

Kekurangan Air, Dompet Dhuafa Sultra Buat Sumur Bor untuk Warga TPS Puuwatu

Foto : Istimewa

HARIANKENDARI.COM, KENDARI – Dompet Dhuafa cabang Sultra buat sumur Bor untuk kebutuhan air bersih warga TPS Puuwatu kecamatan Puuwatu Kota Kendari Sulawesi Tenggara, pada Minggu (2/10/22).

Pembangunan tersebut dilakukan karena warga di TPS Puuwatu kesulitan menemukan dan menggali sumber mata air untuk mendapatkan air bersih. Di samping itu, Kelurahan Puuwatu juga kerap dilanda kekeringan saat musim kemarau.

Biasanya pada kondisi tersebut, warga Kelurahan Puuwatu membeli air bersih dengan harga 50 ribu setiap 5 harinya.

Pembangunan sumur bor ini pula relevan dengan salah satu program Dompet Dhuafa Cabang Sultra “Air untuk Kehidupan”. Air untuk Kehidupan merupakan program yang digagas Dompet Dhuafa Sultra dengan memanfaatkan kebaikan para donatur dan Bertujuan untuk membantu masyarakat yang sedang mengalami paceklik air dengan prinsip gotong-royong.

Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Sultra Hassan Afif mengatakan, Dompet Dhuafa Sultra membantu membangun sumur bor dengan kedalaman 70-80 meter. Sumur bor ini dilengkapi dengan penampungan air sebesar 1.200 liter.

“Dengan kapasitas itu, sumur ini bisa digunakan oleh 200 kepala keluarga,” ungkapnya.

Sedangkan salah satu warga kelurahan Puuwatu, Jumi mengungkapkan rasa senangnya, sebab katanya, dengan adanya program dari dompet Dhuafa ini, memudahkan warga untuk memenuhi kebutuhan air bersihnya.

“Alhamdulillah dengan adanya program dari Dompet Dhuafa ini, kini warga bisa dengan mudah mendapatkan air bersih,” ucap Jumi, warga Kelurahan Puuwatu.

Diketahui, Kegiatan launching tersebut turut dihadiri GM Budaya dan Pendidikan Dompet Dhuafa, Komunitas Gerakan Kendari Mengajar, serta pejabat daerah di lingkungan setempat.

Foto : Istimewa

Laporan : Sulthan
Editor : Redaksi